Minggu, 17 April 2016

TOTE BAG, Atribut Kekinian Penunjang Penampilan nan Ramah Lingkungan

Pertama-tama perlu dipahami bahwa ada perbedaan mendasar antara Marketing dan Merchandising. Prof. Philip Kotler sang pakar pemasaran dunia menjelaskan bahwa pada dasarnya Merchandising merupakan istilah yang paling banyak digunakan dalam peritelan untuk menggambarkan pilihan peritel atas barang yang harus dipajang di toko dan cara terbaik untuk memajangnya. Sedangkan Marketing merupakan istilah yang jauuuuuh lebih luas, dimana Merchandising merupakan salah satu kegiatannya. So, Merchandising dan Marketing merupakan hal yang tak terpisahkan.

Marketing is everything, mungkin memang ada benarnya. Tapi, beberapa perusahaan telah dengan cerdiknya menciptakan lingkungan yang bertindak sebagai workshop dimana customer dapat menciptakan produk dan jasa yang mereka inginkan. Inilah yang disebut dengan prosumer (producing customer), alih-alih sebagai consumer yang pasif. Dan kabar gembiranya, CustomBagus telah melakoninya! Kekuatan dan kepuasan customer menjadi kata kunci. Tren kustomisasi membuahkan hasil dan hal ini menjadi gagasan baru dalam pemasaran.

Sumber: http://www.custombagus.com/ 

Menarik membahas lebih dalam tentang bagian-bagian dalam gagasan baru pemasaran tersebut diantaranya tentang keterampilan terbaru yang dibutuhkan dalam pemasaran. Ketergantungan tidak lagi hanya berkutat seputar keterampilan dan alat bantu semisal gugus wiraniaga, periklanan, promosi penjualan maupun riset pemasaran. Kendati ini merupakan alat bantu wajib yang perlu dikuasai. Tapi, ada keterampilan yang betul-betul baru yang perlu dikuasai, diantaranya ialah experiental marketing yaitu pemasaran berbasis pengalaman. Apa itu? 

Nah, hal ini membutuhkan pemikiran lebih lanjut tentang bagaimana cara merancang sehingga dapat memberi pengalaman positif pada customer, daripada sekedar menjual produk atau jasa. Kita dituntut harus berpikir dengan kacamata pengalaman customer ketika mereka mendapatkan suatu produk atau jasa serta melihat bagaimana semua hal tersebut dapat menghasilkan simulasi dari pengalaman tersebut. 

Kali ini akan khusus membahas mengenai produk fesyen aksesoris, dalam hal ini Tote Bag. Dirasa bahwa produk ini selain ramah lingkungan, juga cukup kekinian. CustomBagus melansir bahwa ada beragam jenis Tote Bag terutama dilihat dari bahannya. Tote Bag banyak disenangi beragam usia, baik kawula muda maupun kawula “berjiwa muda”. Selain karena kepraktisan, juga karena beragam warna, bentuk model dan ukurannya. Saya salah satu peminatnya :)

Koleksi Tote bag beragam warna
Dok: pribadi

Kedepan, diharapkan akan ada penjelasan lebih detail/rinci terkait dengan spesifikasi Tote Bag guna memudahkan konsumen untuk memilih dan memilah ragam jenis Tote Bag yang akan digunakan sesuai keperluan. Misalnya sebagai berikut:

Tote Bag harus memiliki nama khusus yang disesuaikan dengan peruntukannya. Nama tersebut harus mudah diingat dan mudah dimengerti. Semisal, The Pink Tote for Breast Cancer. Dalam hal ini Tote Bag juga bisa menjadi media untuk ajang kampanye.

Sumber: http://ecx.images-amazon.com/images/I/81utkyjwKmL._SY355_.jpg

Tote Bag tersebut juga wajib memiliki deskripsi. Bahwasanya selama ini Tote Bag sudah dikenal sebagai Reusable Tote Bag. Harus ada semacam penegasan kembali bahwa Tote Bag bisa saja menjadi lebih dari sekedar di-reuse.

Sumber: http://www.custombagus.com/

Tote Bag juga dilengkapi dengan penjelasan bahannya. Seperti misalnya jaminan bahwa Tote Bag terbuat dari 100 persen katun organik yang tersertifikasi serta tulisan atau gambarnya diprint atau dicetak dengan menggunakan tinta yang ramah lingkungan (low impact).

Sumber: http://www.custombagus.com/

Ukuran Tote Bag pun harus jelas diantaranya mengenai lebar dan tinggi. Hal ini penting agar konsumen dapat menyesuaikan dengan tujuan penggunaan Tote Bag tersebut.

Sumber: http://www.custombagus.com/

Tote Bag juga diperjelas dengan informasi warna yang disinkronkan dengan bahan dan jenisnya. Semisal Pink Cotton Canvas.

Sumber: http://cdn.shopify.com/s/files/1/0404/2041/products/Affordable-Cotton-Tote-Bags-HotPink_1024x1024.jpg?v=1459533281 

Di akhir informasi spesifikasi, perlulah ditambahkan info perawatan agar memudahkan. Tote Bag yang ramah lingkungan tentunya memerlukan penggunaan deterjen atau bahan pencuci yang eco friendly juga. Sebaiknya juga diperinci dengan perlunya menggunakan air dingin. Sebagaimana informasi yang diberikan oleh CustomBagus tentang tata cara perawatan Tote Bag terutama untuk yang berjenis tas kanvas. Informasi yang disajikan diantaranya terkait penyimpanan, pencucian, hingga penjemuran. Untungnya semua dapat dikerjakan dengan mudah, gak pake lama dan gak pake ribet.

Sumber: https://www.facebook.com/custombagus/photos/a.921780537912557.1073741828.871531452937466/988478084576135/?type=3 

Pada dasarnya, ide promosi bisnis terbaik bisa datang darimana saja, pun dari siapa saja. Keseharian menjadi satu peluang pengamatan perilaku konsumen yang sekiranya bisa diterapkan sebagai ide bisnis terbaik. Yang terpenting ialah perlunya memperhatikan: Konsep Inovasi Produk yang erat kaitannya dengan ide dan kegunaan produk yang dimaksud, keterangan material maupun teknik pembuatan, biaya produksi, pengemasan dan lainnya; Konsep Bisnis yang mencakup target pasar dan value proposition; Estetika; Marketable; dan Kemudahan Produksi.


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=EO5IAMw_e9w

Cat: Penulis merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Wirausaha Pascasarjana IPB Bogor dan sedang terlibat dalam usaha agribisnis di bidang perikanan berperan sebagai investor. Penulis juga sekarang sedang dalam tahap proses mendesain konsep bisnis berupa karya inovasi di bidang fesyen aksesoris yang diberi nama “BON TOTE BAG”

Nb: Tulisan ini diikutsertakan dalam CustomBagus Blogging Competition



1 komentar: