Jumat, 28 Oktober 2016

#MudaBikinBangga: Kiprah Para Anak Muda Inspiratif dengan Pencapaian Membanggakan

Jujur.

Saya jadi malu hati menceritakan pencapaian (kalau bisa disebut demikian) yang saya kira telah saya capai sejauh ini. Memiliki pengalaman kerja di bidang penelitian, bekerjasama dengan instansi pemerintah, berkecimpung dalam lembaga legislatif, tergabung dalam keorganisasian baik formal/non formal, menempuh pendidikan tinggi, melakukan publikasi karya ilmiah, TERNYATA bukan menjadi satu tolok ukur yang berarti. Toh, diluar sana begitu banyak pencapaian anak muda yang lebih pantas dan menarik untuk diceritakan. Ya, menariknya karena mereka berdampak! Semua tentang mereka begitu menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan tanpa diuraikan dalam untaian kata-kata. 

Di satu sisi, saya merasa beruntung karena dipertemukan dan diperhadapkan dengan orang-orang muda luar biasa dengan ketertarikan dibidangnya masing-masing. Secara diam-diam (baca: tanpa sepengetahuan mereka), saya memetik banyak pelajaran dari anak-anak muda mengagumkan dan penuh semangat kepemudaan ini. Tidak berlebihan kalau saya kemudian mengatakan bahwa mereka ialah generasi muda Indonesia yang penuh inspirasi dengan pencapaian luar biasa. Kelak, saya yakin mereka akan menjelma menjadi tokoh muda penerus Bangsa.

Berikut sedikit cerita tentang para anak muda yang ada di sekeliling saya yang (mungkin tanpa mereka sadari) telah berdampak luar biasa kepada orang sekitar terutamanya saya pribadi. Mereka dengan pencapaiannya yang menginspirasi dan membanggakan di usianya yang belia. Check it out.

  • Sosial 
Rutler Peregrine, merupakan sosok muda yang memiliki kepedulian yang begitu besar terhadap isu sosial. Melalui Komunitas DINDING, Rutler berusaha memberikan ruang pendidikan yang sangat terbuka bagi anak pasar dan jalanan. Tahun 2011 merupakan awal ketertarikan dan keterlibatan saya dengan komunitas DINDING. Rutinitas proses belajar mengajar bersama anak pasar dan jalanan dilaksanakan tiap akhir pekan berlokasi di Pasar Bersehati Kota Manado. Seiring waktu berjalan, komunitas ini tidak meredup malah sepak terjangnya semakin meyakinkan dan mampu membuktikan kehebatan sebagai bukti solidnya tim komunitas. Sungguh pencapaian di bidang sosial yang luar biasa, karena Rutler dan kawan-kawan berhasil memberikan dampak sosial kemasyarakatan secara nyata. 

  • Budaya
Heidy Manyohi, tiada kata lelah mengeksplor kebudayaan Indonesia, khususnya wilayah timur Indonesia. “Jangan panik, mari piknik!” Mungkin jargon tersebut yang tepat menggambarkan semangatnya memperkenalkan tanah air. Indonesia jelas memiliki banyak tempat wisata/piknik yang keindahannya tidak kalah hebatnya dengan mancanegara. Fyi, bahkan saat tulisan ini dibuat, Heidy sedang berada di Tanah Toraja untuk mengeksplor keindahan alam dan budayanya. Setelah sebelumnya berhasil menginjakkan kakinya di tanah Papua. Ya, dia baru saja menyelesaikan petualangannya di Raja Ampat, Papua sebelum kemudian menuju Toraja. Heidy juga kerap mem-posting keindahan Pulau Morotai, Maluku Utara. Keindahan wilayah timur Indonesia memang pantas untuk “dipamerkan”. Pencapaian di bidang budaya yang mengagumkan, bukan? Saya menjadi tidak sabar menanti sekiranya destinasi wisata dan budaya mana lagi yang akan dieksplor olehnya. Cant’ wait, Heidy! 

Keindahan Raja Ampat, Papua (dok: FB Heidy Manyohi)
Tana Toraja (dok: FB Heidy Manyohi)
Koh Island (dok: FB Heidy Manyohi)
  • Ekonomi
Andi Reza Lapananda (28) menjadi sosok yang paling saya inginkan dan nanti-nantikan kesempatannya untuk diulas. Bukannya apa-apa, saya mengenal beliau semenjak 2007 silam. Jadi, berbekal 9 tahun perkenalan tersebut membuat saya cukup percaya diri untuk menceritakan pencapaian apa saja yang telah dicapai olehnya, tentunya atas dasar “sepengetahuan saya”. Berkarir di bidang ekonomi khususnya perbankan selang 6 tahun lamanya, saya rasa telah cukup mampu membuktikan bahwa dirinya akan mampu menjadi bagian dari sekumpulan bankir handal kedepannya. Tentu atas dasar pengalaman tersebut telah membuat dirinya piawai dan berpengalaman dalam bidangnya. Pencapaian sebagai pegawai Bank Indonesia merupakan satu hal yang cukup membanggakan. Belum lagi peranan dan kontribusinya terhadap peningkatan literasi keuangan masyarakat. Kepercayaan yang diberikan merupakan amanah yang patut dijalankan sepenuh hati. Salah satunya dipercaya untuk memberikan materi tentang Edukasi Kebanksentralan. Hal semacam ini sudah barang tentu menjadi bagian yang penting untuk diapresiasi. Saya melihat ini sebagai pencapaian di bidang ekonomi dan peluang karir yang menjanjikan kecemerlangan di masa depan. Semoga senantiasa tawadhu, yang.

Karir di Bank Indonesia (dok: FB Andi Reza Lapananda)
  • Lingkungan 
Caroline “Dea” Tasirin (24), di mata saya merupakan sosok pegiat lingkungan dan perempuan yang tangguh. Bagaimana tidak, lulusan Sarjana Kehutanan ini merupakan anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) serta Volunteer di NGO yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan. Dea (biasa dia disapa) juga berhasil memperoleh fellowship di bidang lingkungan dari Amerika Serikat. Pengalamannya di bidang lingkungan tersebut tentunya telah menjadi “paket komplit” yang mampu meningkatkan kompetensinya. Hal ini menjadi pencapaian di bidang lingkungan skala Internasional yang patut diapresiasi. Isu lingkungan memang merupakan satu bagian yang menarik dan “seksi” untuk dibahas. Kedepannya tentu kita membutuhkan para pemerhati handal yang berfokus pada isu lingkungan. Mereka haruslah yang berwawasan luas, memiliki pemikiran terbuka dan responsif terhadap segala permasalahan. Saya rasa Dea merupakan salah satu kandidat yang tepat. Setuju?

Penghargaan sebagai pemuda pegiat lingkungan tingkat Internasional
(dok: FB Caroline "Dea" Tasirin)
  • Pendidikan 
Amir Tjolleng, merupakan lulusan Sarjana Matematika dari Indonesia yang kemudian melanjutkan Studi Master (S2) nya ke Korea Selatan dan mengambil bidang keilmuan Teknik Industri di University of Ulsan. Kegigihan dan kerja kerasnya patut diacungi jempol. Saya begitu terkesima dengan usahanya yang membuahkan hasil. Tempo hari karya ilmiah (paper) nya berhasil terpublikasi di Elsevier yang merupakan salah satu Jurnal Internasional kenamaan yang cukup bergengsi karena terindeks Scopus. Amir pun telah menerbitkan buku hasil karyanya sendiri berbekal pengalaman dan bidang keilmuannya yaitu matematika. Amir begitu mencintai dunia pendidikan. Buktinya, di Korea Selatan dia pun menjadi tutor/pengajar di Universitas Terbuka (UT). Saya tidak bisa membayangkan bagaimana caranya dia membagi waktu antara belajar, kuliah, meneliti di laboratorium dan mengajar. Tapi, selama di Indonesia Amir memang cukup terlatih dan telah terbiasa mengajar di bimbingan belajar semenjak menempuh studi Sarjana. Bagi saya, apa yang dilakukan Amir merupakan salah satu bukti nyata pencapaian di bidang pendidikan yang layak diacungi jempol. Semangat, Mir!

Buku karya Amir yang berhasil diterbitkan (dok: FB Amir Tjolleng)

Karya Ilmiah yang terpublikasi di Jurnal Internasional Bergengsi (dok: FB Amir Tjolleng)
Demikianlah kiprah para anak muda yang menginspirasi pada bidangnya masing-masing. Mereka telaten dan berfokus pada apa yang menjadi tujuan hidup mereka. Berdampak atau tidak tentu masyarakat di sekeliling yang bisa menilai. Publik tentu bisa merasakan kehadiran mereka di tengah masyarakat. Rasa bangga saya semakin menjadi-jadi pasca membaca postingan berita di di Brilio.net via aplikasi Kurio. Saya semakin yakin bahwa tidak ada alasan untuk tidak bangga pada anak muda Indonesia yang memang membanggakan!

dok: Brilio.net via app Kurio
Sama halnya dengan Kurio, yang hadir dan memberikan kebermanfaatan terhadap generasi muda Indonesia pada khususnya. Kurio pun tentunya diciptakan oleh para anak muda inspiratif dan kreatif yang tidak kalah membanggakannya. Kurio dengan jargonnya “Selalu Lebih Tau” memberikan kemudahan untuk membaca berita dari banyak portal. Uniknya, Kurio menjadi media penyaji berita yang membuat penggunanya mampu membaca berita dari ragam portal hanya dengan melalui satu aplikasi, akses berita yang super cepat dan pastinya: anti hoax! Sebagaimana kita ketahui bersama di era digital seperti saat ini media memegang peranan yang begitu penting. Lantas, Kurio hadir dan memberikan sajian berita yang benar dan “waras” di tengah kegamangan publik.

Tapi, apa itu Kurio?


Kurio merupakan aplikasi portal berita Indonesia yang menyajikan kelengkapan sumber berita dari berbagai media, harian online, website serta blog favorit dengan konten terbaik dan terkini secara cepat. Atas dasar kepraktisan, Kurio membantu pengguna aplikasi mobile di Indonesia menjadi lebih berwawasan. Kurio diciptakan untuk mengoptimalkan waktu luang dan membuat para penggunanya menjadi lebih produktif. 

dok: app Kurio
Hal ini menjadi salah satu bentuk pencapaian di bidang teknologi dan informasi khususnya bagi aplikasi media online tanah air. Kurio menjadi aplikasi cerdas yang mampu merevolusi cara para pembaca berita dan informasi sesuai minat. Kurio menawarkan desain dan user experience yang unik sehingga pengalaman membaca berita menjadi jauh lebih menyenangkan. Dimana lagi kita bisa membaca berita melalui tampilan artikel dan video? Hanya di Kurio! 

dok: app Kurio
Yuk, install Kurio sekarang juga (mumpung gratis!). Caranya mudah,  Get Kurio for Free bagi pengguna Android maupun Iphone dapat diperoleh di Google Play disini dan App Store disini. Anak muda Indonesia memang bikin bangga, Kurio juga!

Testimoni (dok: app Kurio)
Cat: tulisan diikutsertakan dalam Lomba Blogging Kurio #MudaBikinBangga oleh Kurio Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar