Kamis, 15 Desember 2016

Domain Dotcom: Eksistensi Online Para Blogpreneur

Alkisah tahun 2007, merupakan awal mula blog gratisan saya tercipta. Saya menulis tentang apapun di blog kepunyaan saya tersebut. Semisal, tugas kuliah, tentang keseharian dan hal-hal random lainnya. Hingga lima tahun kemudian, saya lantas memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi blog dan akhirnya...menang! 

Benar saja perkataan kebanyakan orang bahwa “Always try to do the best”, sehingga tidak pernah ada salahnya untuk mencoba. Tahun 2012 merupakan awal mula kemenangan saya di dunia blogging. Kendati saat itu saya hanya menjadi pemenang favorit dan beruntung mendapatkan souvenir merchandise berupa: kaos.

Tapi, saya yakin tanpa kemenangan di bulan Agustus empat tahun silam tersebut, tidaklah mungkin saya berkesempatan memperoleh kemenangan-kemenangan berikutnya di dunia blogging competition. Saya ingat betul blog yang membawa hoki tersebut bernama "eYESIght" dengan link http://eci-gembul.blogspot.co.id. Ya, ini blog gratisan.

dok: http://eci-gembul.blogspot.co.id/
Lalu, empat tahun sudah saya meninggalkan blog gratisan tersebut. Bukan berarti saya tidak pernah menulis, melainkan saya menjadi (kalau bisa disebut) citizen journalism. Saya bergabung dengan kompasiana.com dan aktif menulis serta mengikuti beberapa event perlombaan menulis blog yang diselenggarakan oleh kompasiana. Sesekali saya menang dan tentu lebih banyak kalahnya haha.

Tahun 2016 merupakan awal keseriusan saya dalam menekuni dunia blog kembali. Lagi-lagi saya membuat blog gratisan yang kali ini bernama "Regardez-vous" dengan web link http://yesisupartoyo.blogspot.co.id. Tepat bulan Maret tahun 2016 saya memenangkan kompetisi blog yang diselenggarakan oleh Universitas Syiah Kuala Aceh. Saya menjadi Juara II dan berhasil memperoleh uang tunai, sertifikat dan...PLAKAT PENGHARGAAN! Fyi, ini merupakan plakat pertama saya di dunia blogging. 

dok: pribadi
Bulan pun terus bergulir. Blog gratisan saya tersebut kerap berhasil memenangi beberapa perlombaan menulis. Misalnya, saya beruntung memperoleh laptop di bulan April, beruntung memperoleh uang tunai di bulan Mei, dan beruntung memperoleh piagam penghargaan beserta uang tunai di bulan Oktober serta masih banyak hadiah lainnya. Alhamdulillah...

Selang hampir satu dekade lamanya saya melakoni hobi “Ngeblog” dan membiarkan diri berkecimpung di dunia blog gratisan, hingga akhirnya saya berpikir untuk “pindah rumah’. Tentu ke rumah yang lebih layak dan tidak gratisan, hehe. Berhubung saya awam dan tidak begitu mahir dengan istilah dunia teknologi informasi yang njlimet, maka saya butuh waktu untuk mencari tahu dan memahami mekanisme pengalihan blog gratisan ke berbayar. 

Untunglah saya menemukan caranya. Banyak website yang ternyata menyediakan fasilitas tersebut untuk para blogger. Saya lantas membeli domain Dotcom selama setahun dengan harga yang sangat terjangkau. Berhubung saya tidak membeli hosting maka tampilan web blog saya sangatlah sederhana. Tapi setidaknya saya memiliki kebanggaan tersendiri karena berhasil memiliki web berbayar.

Sekarang web blog bernama http://www.yesisupartoyo.com menemani keseharian saya Ngeblog di akhir pekan. Pasca memiliki web blog berbayar ini, saya semakin merasakan keunggulan dan kemudahan dikarenakan menggunakan domain Dotcom. Tapi, sebenarnya apa sih pentingnya domain Dotcom maupun Dotnet?

Jawabnya: Membangun Eksistensi Online!


Bagi saya pribadi alasan kuatnya ialah:
Pertama, nama web saya menjadi lebih singkat sehingga mudah diingat dan tentunya lebih “menjual”. Ya, banyak penyelenggara kompetisi menulis blog yang seringkali mensyaratkan para calon peserta untuk memiliki domain Dotcom atau Dotnet untuk mengikuti lomba menulis blog. 
Kedua, domain Dotcom maupun Dotnet menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian dewan juri lomba blog, lho. Dengan demikian domain Dotcom maupun Dotnet yang jelas-jelas berbayar tersebut memberikan peluang kemenangan yang lebih menjanjikan, selain tentunya faktor lucky. 
Ketiga, berangkat dari pertimbangan tersebut di atas maka saya lantas berpikir bahwa domain Dotcom dapat dimanfaatkan sebagai istilahnya “top level” domain dalam menulis. Hal ini berkaitan erat dengan faktor “menjual” – nya tadi. 
Keempat, domain Dotcom maupun Dotnet secara tidak langsung menjadi alat investasi saya. Mungkin bukan dalam lingkup berbisnis yang secara riil mengandung arti jual beli semisal online shop. Melainkan “berbisnis” yang oleh kebanyakan orang biasa disebut sebagai Blogpreneur. Saya memanfaatkan blog sebagai sarana untuk berkompetisi dan memenangkan perlombaan, selain tentunya diseminasi informasi. Investasi yang saya lakukan kali ini merupakan investasi modern yaitu investasi digital. 
Kelima, suasana blogging tentunya menjadi lebih mengasyikkan. Bagaimana tidak, berkat domain Dotcom semakin banyak keberuntungan yang datang menghampiri. Di satu disi, blogging seakan telah menjadi lifestyle alias gaya hidup saya dan domain Dotcom ini menjadi salah satu channel dalam berbagai aspek. Baik untuk berjejaring, mengasah skill, melatih diri berkompetisi maupun meningkatkan kapasitas diri.
Kelima hal di atas menjadi kebermanfaatan yang diperoleh karena saya berupaya memberdayakan blog saya dengan domain Dotcom. Saya tidak mau terus-terusan dengan blog gratisan (kendati saya memperoleh banyak hal dengan yang gratisan tersebut). Tapi saya kemudian berpikir bahwa dengan yang gratisan saja saya bisa dapat segini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa dengan yang tidak gratisan alias berbayar saya kemungkinan besar bisa dapat segitu. Iya, kan?

Ragam alasan dan pengalaman serta peluang dalam menggunakan top level domain Dotcom untuk memberdayakan blog tersebutlah yang lantas kemudian membulatkan tekad saya untuk berani mencoba sesuatu hal yang baru dan tentunya berbayar. Tapi, saya pun harus jeli dalam memilih website yang menyediakan layanan top level domain.

Adapun DotComForMe merupakan salah satu penyedia layanan domain yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi para blogger diluar sana yang ingin beralih dan meningkatkan “prestise” blognya. Produk yang disediakan pun selain untuk blogging, juga untuk Startup/UKM dan E-Commerce. Sehingga sudah barang tentu DotComForMe akan berpengaruh terhadap pelayanan dan tampilan yang meyakinkan sehingga mampu menjadi solusi tepat dan cerdas untuk peningkatan bisnis yang sedang dijalankan.


Percaya deh, banyak keuntungan yang dapat diperoleh melalui domain berbayar Dotcom dan Dotnet ini. Kita memang harus berkorban terlebih dahulu untuk sesuatu yang lebih baik yang akan kita peroleh nantinya, bukan? Kalau katanya DotComForMe sih, “Punya domain dan website itu WAJIB di jaman teknologi seperti ini”. So, tunggu apalagi. Buruan!

Cat: tulisan dikutsertakan dalam dotcomforme Blog Competition #DotComForBlogging


1 komentar:

  1. Ia deh mba saya percaya hehehe... walaupun saya belum pernah memenangkan lomba seperti mba yesi...semoga next..aamiin

    BalasHapus