Jumat, 17 Februari 2017

Review New Apps Langit Musik: Musiknya Hidup Kamu yang Seru dan Terbaru

Awal mula perkenalan dengan aplikasi Langit Musik cukup asyik dan menggelitik. Pasalnya, aplikasi ini secara tidak sengaja diperkenalkan oleh seorang driver taksi online. Ya, tempo hari saya dan teman-teman menghabiskan waktu liburan dengan berjalan-jalan bersama ke salah satu pusat perbelanjaan ternama di Kota Bogor. Kami menyewa taksi online untuk memudahkan transportasi kami.

Sepanjang perjalanan kami tertawa riang dan gembira sambil diiringi lagu dan musik yang diputar oleh sang supir. Hingga tetiba saya mendengar lagu kesukaan saya diputar tapi saya lupa judul dan penyanyinya siapa. Saya pun mencoba melihat playlist yang ditampilkan di layar smart phone sang supir yang tertempel di dashboard bagian depan mobil sembari mengutak atik ponsel saya. 
“Life of The Party – Shawn Mendes, mba. Saya juga suka lagunya”, celetuk mas supirnya
“Hehe, iya mas. Saya lupa judulnya apa dan penyanyinya siapa”, cetus saya malu-malu
Saya pun langsung mencari lagu Life of The Party yang dipopulerkan oleh Shawn Mendes dalam aplikasi musik yang saya miliki. Tapi ternyata tidak tersedia baik melalui input pencarian judul lagu maupun daftar penyanyinya.
“Yah, kok nggak ada ya?”, cetusku
“Memangnya mba pakai aplikasi musik apa?”, tanya mas supirnya
“Saya pakai J**X mas”, sahutku
“Yah, bukan pakai aplikasi itu mba. Coba deh mba pakai aplikasi Langit Musik. Daftar lagu sama penyanyinya lengkap banget. Saya kan pakai aplikasi Langit Musik juga”, sahut mas supirnya
Saya hanya bisa melongo keheranan mendengar aplikasi Langit Musik yang dijelaskan. Aplikasi seperti apa itu? Langit musik? Musik di langit-langit? Haha. Akhirnya saya pun mencoba mendownload aplikasi Langit Musik via playstore (klik: disini). Selang beberapa menit aplikasi telah terinstal dan saya pun mulai melakukan pendaftaran dan mencari lagu Life of The Party yang ingin saya dengarkan. Aha, ketemu! Senangnya....


Hmm, saya lalu menjadi penasaran dengan aplikasi terbaru Langit Musik ini. Tampak berbeda dengan aplikasi lainnya, Langit Musik memiliki fitur yang lengkap. Sebut saja fitur Explore, TagStation, Trending, dan My Music.

dok: app playstore Langit Musik
Fitur Explore menampilkan ragam lagu yang disajikan dalam bagian “For You” dan “Browse”. Mengusung konsep “Enjoy free unlimited music access” membuat hati saya berbunga-bunga.

dok: app playstore Langit Musik
Fitur ini juga menyediakan rekomendasi lagu-lagu kekinian yang sayang untuk dilewatkan dan tidak didengarkan. Tampilan “New Releases” menyuguhkan rilis lagu-lagu terbaru. Selain itu ada “Top Hits” yang menampilkan lima lagu teratas baik dalam maupun luar negeri.

dok: app playstore Langit Musik
Tidak ketinggalan “Trending Artist” yang menampilkan informasi siapa saja penyanyi yang sedang naik daun dengan lagunya masing-masing.

dok: app playstore Langit Musik
Satu lagi hal yang menarik dari fitur Explore ini ialah kita diperkenankan memilih lagu sesuai dengan “Moods” yang sedang kita alami semisal Chill ketika sedang ingin bersantai, Energetic ketika sedang semangat-semangatnya, Gloomy ketika perasaan sedang tidak menentu, Love Drama ketika hati sedang galau-galaunya, Falling in Love ketika hati sedang berbunga-bunga, Mixed Emotion ketika sedang gegana alias gelisah-galau-dan merana, atau bahkan ketika sedang patah hati dengan memilih moods Breakup. Lagu yang disajikan juga dibedakan dalam beberapa genre melalui fitur Genres, semisal Rock, Global, Everlasting, Stay Calm, Mood Booster, Sing a Long, Party dan Lest Dance. Seru abis!

dok: app playstore Langit Musik
TagStation lantas menjadi fitur unik nan menarik selanjutnya karena terdiri dari hastag #TAGSTATION dimana kita dengan mudahnya dapat menemukan ragam lagu pilihan melalui tag bahagia, surprise, sadness, classics, cintaindonesia, peaceandjoy dan hastag lainnya yang telah disediakan dalam fitur TagStation. Bisa jadi ini adalah salah satu gaya baru memilih dan mendengarkan musik dalam kepraktisan aplikasi musik di era digital.

dok: app playstore Langit Musik
Fitur selanjutnya tentu tidak kalah seru yaitu fitur “Trending”. Kali pertama membuka fitur ini saya disajikan informasi “Fighting flames of fire: Single All We Know masih ngehits dari The Chainsmokers and Phoebe Ryan”. Yes! Ini juga merupakan salah satu lagu kesukaan saya.

dok: app playstore Langit Musik
Eits, tapi tunggu dulu tiba-tiba saya menjadi penasaran dengan tampilan peta Indonesia yang dipenuhi titik-titik berwarna warni mulai dari Sabang hingga Merauke. Maksudnya apa? Saya lalu mengklik salah satu titik di Provinsi Jawa Barat dan... voila! Muncullah informasi “Top song in Jawa Barat” yaitu DIA – Anji lengkap dengan informasi jumlah berapa kali lagu ini dimainkan dan ternyata sebanyak 988 plays (update Sabtu 18 Februari 2017). Wow!

dok: app playstore Langit Musik
Selain lagu DIA yang dipopulerkan oleh Anji, masih ada banyak lagu lainnya yang menjadi trending di Jawa Barat. Sebut saja Penantian Berharga – Rizky Febian, Closer- The Chainsmokers, Let Me Love You – DJ Snake and Justin Bieber dan Alone – Alan Walker untuk lima lagu teratas yang menjadi top 5 trending.

dok: app playstore Langit Musik
Lanjut ke fitur berikutnya yaitu “My Music” yang menampilkan jumlah lagu, album dan playslists yang kita miliki. Rinciannya dibedakan atas “Recently Played” yaitu lagu yang sekarang sedang didengarkan dan “Most Played” untuk lagu yang paling sering didengarkan.

dok: app playstore Langit Musik
Setelah puas melihat-lihat fitur kekinian yang dimiliki oleh aplikasi terbaru Langit Musik, saya mencoba untuk melihat pengaturan melalui fitur “Settings”. Saya mulai memperbaharui “Account” saya dengan melengkapi nama, status, gender, birthday, subscription dan foto profil. Saya juga memilih bahasa yang ingin saya gunakan apakah English atau Indonesia.

dok: app playstore Langit Musik
Aplikasi Langit Musik juga memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menjaga privasinya melalui fitur “Privacy”, sehingga kita diperkenankan memilih “Who can follow me” apakah everyone, friends atau only me.

dok: app playstore Langit Musik
Dan satu yang paling menarik ialah fitur “Equalizer” dimana kita juga bebas mengatur suara musik atau lagu yang ingin kita dengarkan apakah dasar atau tingkat lanjut.

dok: app playstore Langit Musik
Sejauh ini saya merasa puas dengan keunggulan fitur yang disajikan dalam aplikasi terbaru Langit Musik. Fitur yang paling saya senangi ialah “Trending” yang menampilkan peta sebaran lagu yang sedang ngetrend di seluruh penjuru tanah air Indonesia. Hal ini memudahkan saya mengetahui lagu-lagu apa saja yang sedang gemar didengarkan oleh teman-teman di Papua misalnya. Saya menjadi tidak ketinggalan informasi dan seakan merasa dekat secara spasial melalui musik. Terimakasih, aplikasi terbaru Langit Musik!

Setelah tuntas melihat-lihat fitur aplikasi Langit Musik, saya kembali fokus mendengarkan Life of The Party-nya Shawn Mendes. Lagu berdurasi sekitar 3 menit 25 detik ini juga dapat didengarkan secara offline, disimpan, dishare dan lainnya melalui aplikasi Langit Musik. Tapi, mungkin satu saja masukan untuk aplikasi Langit Musik semoga kedepannya lirik lagu yang ditampilkan di dalam setiap lagu dapat dimuat dalam bentuk semacam “Kartu Lirik” dengan background tampilan yang menarik sehingga ketika di share menjadi lebih bermakna karena kita dengan mudahnya dapat mengkombinasikan tampilan gambar yang sesuai secara visual dengan potongan pilihan lirik lagu yang pas dengan suasana hati. Semacam perpaduan antara verbal dan visual, ciamik! Info lebih lengkap tentang event ini bisa klik disini :)


3 komentar:

  1. Gaul juga sopir taksi onlinenya Mbakkkkk pasang lagi hits..
    Aku naik taksi biasanya jarang dengar musik hihihi..

    Keren langit musik aku juga sukaa dengar lagu pake ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ajen app musik kekinian top deh pokok nya kemana2 pgn denger musik ga ribet lg. taksi nya taksi online mba jadi berbasis aplikasi jg. semua serba aplikasi online di era digital. seruuu. makasi ya mba ajen udah mampir :)

      Hapus
  2. hai mba, maaf mau minta tolong, hehe.. sy metha saat ini sdg lakukan penelitian ttg Langit Musik. Klo boleh mhn bantuannya utk isi survey https://goo.gl/forms/DyYDTN3aYvUroFXt2 Thx 😊

    BalasHapus