Rabu, 01 Maret 2017

Riaubook.com: Pustaka Riau untuk Dunia di Era Musim Semi

Internet saat ini telah menjadi medium yang mempengaruhi cara hidup termasuk cara kita memproduksi dan mengonsumsi berita. Teknologi informasi telah mendorong revolusi etik di dunia digital tanah air. Sehingga saat ini kita tengah berada di dalam kondisi yang oleh Margianto dan Syaefullah dalam bukunya berjudul Media Online: Pembaca, Laba dan Etika disebut zaman "Jurnalisme Baru" yaitu ketika proses uji dalam bentuk verifikasi dan konfirmasi yang belum pasti adalah berita. Prinsip update dan mengalir adalah nilai baru yang hadir mengikuti kemunculan media-media online. 

Bila dirinci maka perkembangan media online di Indonesia berawal dari medio tahun 1990-an sebagai generasi pertama lalu berlanjut hingga 2000 – 2003 yang merupakan booming dotcom bahkan era kejatuhannya. Lalu setelah tahun 2003 kerap dikenal sebagai era "Musim Semi" karena semakin banyak situs-situs berita yang mewarnai jagad maya tanah air yang tampil lebih atraktif. Seiring perkembangan teknologi internet yang hadir dengan web 2.0 – nya, situs-situs tersebut mulai membuka ruang terjadinya interaksi antar pembaca di situs mereka. 

Riaubook, Pustaka Riau untuk Dunia

dok: riaubook.com
Riaubook adalah portal berita yang merupakan bagian dari media online. Berdasarkan hasil analisa tingkat kepopuleran oleh Alexa.com, diperoleh hasil bahwa laman Riaubook menempati posisi ranking ke 86.521 secara global dan menduduki posisi ranking ke 1.225 di Indonesia

dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com
Secara geografi, para pengunjung laman Riaubook mayoritas berasal dari Indonesia sebesar 95,8 persen, lalu Malaysia sebesar 1,3 persen dan United States sebesar 1,1 persen. Sisanya berasal dari Ireland dan Singapore dengan nilai persentase masing-masing sebesar 0,3 persen. Hal ini seakan mempertegas bahwasanya Riaubook terus berupaya mencapai visi utama menjadi pustaka Riau untuk Dunia. Perlahan namun pasti, Riaubook berusaha menjadi media online dari Riau untuk Dunia. 

dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com
dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com
Adapun secara demografi, populasi internet secara umum yang gemar mengakses laman Riaubook didominasi oleh kaum lelaki bila dirinci berdasarkan gender. Selain itu, bila dirinci berdasarkan lokasi browsing maka didominasi oleh mereka yang bekerja dan mereka yang memiliki latar belakang pendidikan dengan beberapa diantaranya ialah berasal dari perguruan tinggi. 

dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com

dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com

dok: www.alexa.com/siteinfo/riaubook.com
Prospek Bisnis Media Online Riaubook

Indonesia dikenal sebagai salah satu pengakses internet yang paling getol mencari informasi. Hal ini dibuktikan oleh pengguna internet di Indonesia yang tumbuh pesat. Karakteristik dan perilaku masyarakat Indonesia ini tentu saja merupakan pasar potensial bagi industri media online. Optimisme bisnis di bidang industri media online sangat menjanjikan, tidak terkecual bagi portal berita Riaubook

Berkenaan dengan hal tersebut maka Riaubook harus bisa memanfaatkan prospek bisnis di dunia maya tersebut. Salah satunya melalui tingginya pengguna internet di Indonesia khususnya di jagat media sosial. Riaubook juga harus bisa mensinergikan antara traffic dengan redaksi serta jurnalisme. Traffic diperoleh oleh daya pikat suatu situs berita terhadap pembacanya. Hal ini menjadi kredibilitas situs berita tersebut karena melalui kredibilitas informasi yang disampaikan maka akan semakin banyak pembaca yang mengunjungi situs Riaubook.

Musim Semi Riaubook, Sang Portal Berita Riau

Pada akhirnya, Riaubook sebagai media online yang berbasis berita tetap perlu menempatkan etika dan prinsip jurnalistik sebagai landasan utama pemberitaannya. Riaubook tetap memiliki kewajiban untuk menddik pembaca tentang bagaimana caranya memahami gaya pemberitaan online.

Oya, satu hal yang juga perlu menjadi perhatian ialah terkait dengan seberapa cepatnya laman Riaubook melakukan loading atau memproses data dan/atau informasi untuk ditampilkan. Laman Alexa.com melansir bahwa kecepatan laman Riaubook masih dikategorikan sebagai Very Slow yaitu sebesar 4.384 seconds. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian dan tantangan untuk diperbaiki kedepannya agar proses loadingnya bisa menjadi lebih cepat demi kenyamanan para pengunjung laman Riaubook.

By the way...


Sumber: 
Cat: tulisan diikutsertakan dalam RIAUBOOK LOMBA MENULIS BLOG 2017

dok: riaubook.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar