Rabu, 15 November 2017

#JadiBisa dengan Traveloka: Terbang Tinggal Klik


Semenjak tahun 2015 saya menjadi pengguna setia Traveloka baik untuk membeli tiket pesawat maupun hotel/penginapan. Traveloka menjadi pilihan untuk membeli tiket pesawat karena berbagai keunggulan yang dimiliki diantaranya ialah kemudahan dalam menggunakan aplikasi dan transaksi secara online serta harga tiket pesawat yang bersaing.

Belum lagi berdasarkan data yang dilansir menyebutkan bahwa travel menjadi jasa paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Lebih dari 35 persen transaksi online di bidang jasa, diisi oleh jasa travel. Dengan penetrasi internet yang terus meningkat, banyak perusahaan bergerak dengan platform mobile. Salah satunya bisnis travel online semisal Traveloka.

dok: databoks.katadata.co.id
Traveloka menawarkan kemudahan bagi setiap orang yang akan bepergian mulai pemesanan tiket, sampai penginapan pada destinasi pariwisata tertentu. Bahkan, Traveloka sebagai salah satu penjaja jasa travel sering kali menawarkan potongan harga untuk menarik para pelanggannya. 

Peluang lainnya ialah jumlah penumpang pesawat untuk keberangkatan domestik dan internasional yang terus meningkat. Selama Januari-Desember 2016, jumlah penumpang domestik meningkat 10 persen menjadi 80,4 juta orang dan jumlah penumpang internasional naik 8 persen menjadi 14,8 juta orang dibanding tahun sebelumnya. Sementara itu, Bandara Soekarno-Hatta masih menjadi bandara terpadat, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. 

dok: databoks.katadata.co.id
Di satu sisi, tingkat keyakinan konsumen online Indonesia terus meningkat dan menempati peringkat ketiga tertinggi di dunia. Hasil survei Global Survei of Consumer Confidence and Spending Intention Q3 2016 yang dirilis Nielsen menunjukkan bahwa indeks keyakinan konsumen Indonesia mencapai 122, hanya di bawah India dan Filipina. Tingkat keyakinan konsumen online ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi layanan secara online lebih menguntungkan dibandingkan yang konvensional. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi Traveloka khususnya.

dok: databoks.katadata.co.id
Zaman memang telah bergeser, istilah kerennya “Zaman Now”. Para Gen Y dan Z cenderung beralih ke platform online untuk aktivitas keseharian diantaranya ketika memesan tiket pesawat. Riset dari Nielsen menunjukkan bahwa sekitar 38 persen Gen Y dan 40 persen Gen Z mengaku lebih memilih sesuatu yang berbasis online dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pesatnya perkembangan teknologi memang menjadikan internet sebagai penunjang bagi berbagai kebutuhan. Penetrasi internet ke pengguna usia muda menjadikan para remaja lebih memilih metode online dibandingkan konvensional. 

dok: databoks.katadata.co.id
Perkembangan jumlah konsumen online di Indonesia semakin meningkat. Pada tahun 2016, riset dari eMarketer memperkirakan akan mencapai 8,6 juta orang yang berbelanja melalui internet. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 7,9 juta orang. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang mengenal internet seiring lahirnya generasi Z (Gen Z) yang lahir di era digital membuat kebiasaan belanja barang dan jasa yang sebelumnya secara konvensional akan beralih menjadi online. 

Pembayaran terhadap suatu produk pun dilakukan secara online. Buktinya transfer bank masih menjadi paling favorit di kalangan konsumen e-commerce. Pada tahun 2015, riset dari TechInAsia menyebutkan tidak kurang dari 57 persen transaksi online dibayar melalui transfer bank. Traveloka juga kerap menawarkan berbagai pilihan pembayaran agar memudahkan konsumen. 

dok: databoks.katadata.co.id
Dalam industri e-commerce, Indonesia sudah punya modal dasar berupa volume pasar yang sangat besar. Dengan jumlah populasi 250 juta (terbesar di ASEAN), Indonesia dapat menjadi pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Guna mendorong transaksi online, pemerintah telah menerbitkan paket kebijakan ekonomi yang khusus untuk mempermudah dan melindungi bisnis perdagangan secara elektronik (e-commerce) di dalam negeri.

Nah, lantas yang menjadi pertanyaan adalah: “Seberapa Siap Pengusaha Indonesia dengan Transformasi Digital?”

dok: databoks.katadata.co.id
Transformasi digital dianggap penting oleh pemimpin bisnis di Indonesia. Dalam studi bertajuk “The Microsoft Asia Digital Transformation: Enabling The Intelligent Enterprise”, sebanyak 90 persen pebisnis di Indonesia menyatakan perlu melakukan transformasi digital untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. Namun sayangnya belum banyak yang memiliki strategi transformasi digital secara khusus. Hanya 27 persen pengusaha yang telah memiliki strategi secara menyeluruh. Mayoritas masih merencanakan dan sisanya bahkan belum memiliki strategi apapun. 

Traveloka lantas menjadi organisasi yang terus berusaha beradaptasi dengan perkembangan zaman agar menjadi kompetitif. Traveloka terus melakukan transformasi digital agar mampu beradaptasi dengan perubahan, baik perubahan internal maupun eksternal.

Kedepan, Traveloka harus bisa memanfaatkan potensi ekonomi digital di Indonesia. Penting untuk diketahui bahwa dengan jumlah populasi yang sangat besar, Indonesia menyimpan potensi ekonomi digital di masa yang akan datang seiring berkembangnya teknologi dan media sosial. Berdasarkan data Kepios (September 2017), jumlah populasi di Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Dari jumlah tersebut, 55 persen merupakan kaum urban yang tinggal di daerah perkotaan.

dok: databoks.katadata.co.id
Adapun penetrasi pengguna internet Indonesia mencapai 133 jiwa atau sekitar 50 persen dari total populasi. Sementara pengguna aktif media sosial mencapai 115 juta atau sekitar 44 persen dari total populasi. Sementara pengguna telepon seluler (ponsel) mencapai 371 juta atau 141 persen dari total populasi. Artinya bahwa setiap orang menggunakan 1,4 (lebih dari satu) ponsel. Sedangkan pengguna media sosial aktif dengan menggunakan ponsel mencapai 106 juta atau 40 persen dari ponsel terdaftar. Traveloka tentunya dapat menggunakan media sosial sebagai ajang promosi.

Produk Traveloka langganan saya ialah pemesanan tiket pesawat. Sekali pesan saya biasanya memesan tiket Pulang – Pergi (PP) sekaligus. Keunggulan yang saya peroleh diantaranya:

Fitur Best Price Finder 

Fitur ini memberikan saya kesempatan untuk menemukan harga terbaik dari tiket pesawat dilengkapi dengan harga diskon/promonya. Harga yang bersaing yang ditawarkan oleh Traveloka ini lantas terbukti menjadi keunggulan Traveloka. Pasalnya, Traveloka telah mempertimbangkan dengan matang bahwa berdasar data sekitar 53 persen konsumen online memang kerap membandingkan harga dari perangkat mobile. 

dok: databoks.katadata.co.id
Konsumen global kerap menggunakan perangkat mobile untuk membandingkan harga barang terlebih dahulu sebelum membeli. Sekitar 38 persen akhirnya melakukan pembelian barang atau jasa dari gadget mereka. Konsumen online di Asia yang paling rajin membandingkan harga barang yang akan dibeli melalui gadget, yakni mencapai 60 persen. Traveloka dapat memanfaatkan peluang perilaku konsumen ini dengan tetap menawarkan harga yang bersaing untuk tiap produknya terutama tiket pesawat.

30 Days Refund Guarantee

Garansi pengembalian selama 30 hari yang diberikan oleh Traveloka sangat membantu terutama dari segi fleksibilitas waktu. Mengingat dinamisnya pekerjaan dan rutinitas yang ada maka batas waktu garansi pengembalian tiket pesawat oleh Traveloka akan sangat membantu dan memberikan kemudahan serta kenyamanan dalam berbelanja.

dok: pribadi
Easy Reschedule 

Traveloka juga memberikan kemudahan dalam melakukan pengaturan jadwal ulang terhadap tiket pesawat yang sudah dibeli dengan sangat mudah. Menariknya semua dapat dilakukan secara online. Lagi-lagi fleksibilitas yang ditawarkan di tengah kedinamisan rutinitas pekerjaan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pembeli. 


Price Alert

Keunggulan selanjutnya berupa pengingat harga dimana harga tiket pesawat yang fluktuatif cenderung membuat harga tiket pesawat berubah mengikuti permintaan pasar sehingga pengingat yang ditawarkan oleh Traveloka membantu kita agar dapat terus memantau harga tiket pesawat yang hendak dibeli sebelum terlanjur menjadi mahal ataupun kehabisan. Traveloka juga memberikan kemudahan pemesanan tiket pesawat secara kolektif dengan harga yang bersaing tentunya.


Flight Reminder 

Traveloka juga terus memanjakan konsumen dengan memberikan informasi pengingat penerbangan agar kita tidak terlambat dan/atau ketinggalan pesawat. Persiapan beberapa jam sebelum berangkat semisal untuk check in dan waktu boarding diingatkan secara detail dan lengkap oleh pihak Traveloka.

dok: pribadi
Akhir kata, berkat pelayanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh Traveloka, saya merasa sangat terbantu dan dimudahkan dalam bepergian. Pembelian tiket pesawat secara online jadi terasa lebih mudah. Terbukti memang bahwa semua #JadiBisa dengan Traveloka. Sukses selalu Traveloka sebagai platform online jasa penerbangan dan keperluan lainnya. Salam bisa! 

Referensi: 

2 komentar:

  1. emang keren deh kalau booking pake traveloka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. as always pak. trims pak deddy sudah mampir. seneng deh blog nya di komen sang juara hehe. salam pak :)

      Hapus