Senin, 26 Maret 2018

IDN Times: Dari, Oleh dan Untuk Millennial

Era digital sudah di depan mata. Pemerintah pun mendukung penuh pelaksanaan gerakan peningkatan penggiat e-commerce, baik berupa start-up digital untuk dapat memanfaatkan internet, tidak terkecuali media massa. Adanya gerakan peningkatan penggiat e-commerce yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sebagaimana diungkapkan Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo dalam lampiran pidato kenegaraannya pada 2017 silam. 


Berkenaan dengan hal tersebut maka jumlah populasi Indonesia yang sangat besar, menyimpan potensi ekonomi digital di masa yang akan datang seiring berkembangnya teknologi dan media sosial. Berdasarkan data Kepios (September 2017), jumlah populasi di Indonesia mencapai 264 juta yang merupakan jumlah populasi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Dari jumlah tersebut, 55 persen merupakan kaum urban yang tinggal di daerah perkotaan. 

Adapun penetrasi pengguna internet Indonesia mencapai 133 jiwa atau sekitar 50 persen dari total populasi. Sementara pengguna aktif media sosial mencapai 115 juta atau sekitar 44 persen dari total populasi. Sedangkan pengguna telepon seluler (ponsel) mencapai 371 juta atau 141 persen dari total populasi. Artinya bahwa setiap orang menggunakan 1,4 (lebih dari satu) ponsel. Sedangkan pengguna media sosial aktif dengan menggunakan ponsel mencapai 106 juta atau 40 persen dari ponsel terdaftar. Hal ini menandakan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia diantaranya terletak pada populasi pengguna ponsel.

dok: databoks.katadata.co.id
Pesatnya perkembangan teknologi digital telah mengubah kehidupan manusia di berbagai bidang. Salah satunya ialah metode dalam mencari informasi. Kedepan diperlukan inovasi serta kepiawaian mencari peluang untuk meningkatkan jangkauan pemirsa. 


Sebagaimana inovasi yang dilakukan oleh IDN Times dengan mengusung jargon The Voice of Millennials and Gen Z. IDN Times notabene merupakan: multi-platform news and entertainment digital media company for affluent Millennials and Gen Z in Indonesia. Tidak sekedar jargon, kabar baiknya adalah IDN Times berhasil menduduki peringkat ke – 16! Hal ini menunjukkan kepopuleran IDN Times secara nasional. 

dok: Alexa.com
Berdasarkan data, remaja usia dibawah 19 tahun atau sering disebut Gen Z, serta usia muda 20-39 tahun atau Gen Y menjadi generasi yang cenderung beralih memakai platform online untuk aktivitas keseharian. Riset dari Nielsen menunjukkan bahwa sekitar 38 persen Gen Y dan 40 persen Gen Z mengaku lebih memilih sesuatu yang berbasis online dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pesatnya perkembangan teknologi memang menjadikan internet sebagai penunjang bagi berbagai kebutuhan. Penetrasi internet ke pengguna usia muda menjadikan para remaja lebih memilih metode online dibandingkan konvensional. 

dok: databoks.katadata.co.id
Survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) juga memberikan informasi bahwa Internet memiliki jangkauan sebesar 81 persen. Generasi Z adalah anak kelompok usia (10-14 tahun/Kids) dan (15-19 tahun/Teens). Mereka dianggap penting karena akan menjadi pangsa pasar utama dalam 10 tahun ke depan. Gen Z memiliki kebiasaan yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya dikarenakan mereka lahir di era digital. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat menggiurkan untuk dioptimalkan. 

dok: app IDN Times
Apalagi dengan kemudahan akses internet dan install aplikasi via playstore (bagi pengguna Android) yang semakin memudahkan jangkauan terhadap media online IDN Times. Di aplikasi playstore sendiri, IDN Times telah diakses oleh sekitar 10 ribu pengguna. 

dok: app IDN Times
Demikianlah peran IDN Times sebagai platform media online yang berupaya mengakomodir suara para anak muda generasi millennial agar semakin didengar. IDN Times menjadi wadah yang potensial untuk tumbuh bersama para generasi muda di era digital saat ini. Salut! 

Referensi: 
cat: tulisan diikutsertakan dalam IDN Times Blog Review Competition

dok: https://www.idntimes.com

4 komentar:

  1. Wha ini pasti buat ikut lomba IDN Times, mau ikutan tapi lagi ga punya ide haha! Nice semangat terus mba!

    Anw, nuhun follow backnya di http://www.onixoctarina.com/
    :)

    BalasHapus
  2. Indeed mba! ayo ikutan jg sekedar berbagi aku jg ide nya pas2an kok tp termotivasi aja. semangat jg makasii ya udah mampir

    BalasHapus
  3. ini media online emang keren banget kak, cocok banget dengan generasi millenials spt aku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi mas jovie. Gen millennial sdg berada pd masa keemasan nya ya saat ini. IDN Times bs jd wadah utk mengapresiasi pelbagai aspirasi gen Y dan gen Z. Makasi ya sdh mampir :)

      Hapus