Jumat, 15 Juni 2018

Universitas Tanjungpura, Menuju Institusi Preservasi dan Pusat Informasi untuk Negeri

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dalam lampiran Pidato Kenegaraannya pada tahun 2017 silam menyebutkan bahwa Pendidikan merupakan bagian dari Dimensi Pembangunan Strategi Pembangunan Nasional yaitu Dimensi Pembangunan Manusia. 

Pembangunan pendidikan dapat dicapai dengan meningkatkan pemerataan akses, kualitas, relevansi dan daya saing. Hal ini tak terkecuali bagi Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang berlokasi di Pontianak – Kalimantan Barat dan dipimpin oleh Rektor atas nama Bapak Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA. 

Menariknya, seperti dilansir oleh harian Tribun Pontianak bahwa Universitas Tanjungpura menggalakkan program bebas pungutan liar di kampusnya. Selain itu, guna turut serta dalam upaya membangun Negeri, Universitas Tanjungpura juga telah menjalin kerjasama dengan Sesko TNI. 

dok: http://pontianak.tribunnews.com/

dok: http://pontianak.tribunnews.com/
Dari segi akademik, Universitas Tanjungpura memiliki 63 Program Sarjana, 24 Program Pascasarjana, 31.720 Mahasiswa, 58.061 Lulusan, 2.059 Staf dan memiliki 197 Penelitian. Bahkan laman Alexa.com melansir bahwa laman Universitas Tanjungpura yaitu untan.ac.id menempati peringkat ke – 1.445 secara nasional. Hal ini menunjukkan bahwa laman untan.ac.id mulai gemar diakses oleh para pengguna.

dok: alexa.com
Sebagaimana dijelaskan dalam Rencana Strategis dan Rencana Operasional Universitas Tanjungpura tahun 2015 – 2019 bahwa seluruh warga Universitas Tanjungpura harus meluangkan waktu yang lebih banyak dan menyiapkan energi yang lebih besar serta membangun kepercayaan dan sinergi yang lebih luas dengan para pemangku kepentingan untuk bekerja secara optimal mewujudkan visi, misi dan tujuan institusi.

Adapun visi Universitas Tanjungpura pada tahun 2020 mendatang adalah menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah di Provinsi Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi di tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional.

Misi Universitas Tanjungpura sendiri ialah menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Tujuan Universitas Tanjungpura dalam tahun 2015 – 2019 ialah mengarahkan seluruh kegiatan Universitas Tanjungpura untuk membangun Universitas Tanjungpura sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Universitas Tanjungpura dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN – BH/BLU).


Rencana Strategis Universitas Tanjungpura yang telah disusun dan disepakati oleh jajaran manajemen universitas menjadi panduan universitas dalam menjalankan visi dan misi universitas. Didalamnya terdapat ekspektasi keberhasilan universitas setiap tahunnya. 

Selain itu, dalam Renstra ini juga terdapat strategi pencapaian tujuan universitas beserta indikator keberhasilan yang digunakan sebagai standar penilaian keberhasilan dari proses yang dijalankan. Dalam menentukan strategi dan menentukan indikator keberhasilan ini, Universitas Tanjungpura telah mempertimbangkan dengan cermat nilai dasar, kondisi internal dan eksternal, baik dalam perspektif regional maupun internasional.

Terkait dengan upaya bersama Universitas Tanjungpura membangun Negeri maka diperlukan upaya bersinergi dengan sasaran umum strategis Kemenristek – Dikti untuk mendukung tujuan peningkatan akses, kualitas dan relevansi serta daya saing pendidikan tinggi yang diantaranya diwujudkan melalui upaya membangun sistem pendidikan tinggi yang efektif dan efisien.


Arah kebijakan dan strategi pendidikan tinggi dalam hal ini Universitas Tanjungpura diantaranya dapat ditempuh melalui peningkatan daya saing Universitas Tanjungpura khususnya melalui penguatan institusi Universitas Tanjungpura dengan membangun pusat keungulan di bidang ilmu dan kajian tertentu sebagai perwujudan mission differentiation.

Selain itu, terkait dengan pelayanan prima kemahasiswaan maka program kerja bidang kemahasiswaan Universitas Tanjungpura dapat diwujudkan diantaranya melalui upaya membangun budaya ilmiah, inovatif dan kritis di kalangan mahasiswa; dan membangun budaya entrepreneurship.

Universitas Tanjungpura pun perlu terus melakukan penataan kelembagaan yang bertujuan diantaranya untuk membangun sistem organisasi yang menjadi landasan baik dalam hubungan internal organisasi maupun dalam hubungan akuntabilitas dan transparansi dengan publik.


Kedepan, arah kebijakan dan strategi pada jenjang pendidikan tinggi khususnya penguatan kelembagaan Universitas Tanjungpura dapat dilakukan melalui: 1) Penguatan otonomi Universitas Tanjungpura; 2) Pengembangan program studi inovatif di Universitas Tanjungpura; 3) Akreditasi perguruan tinggi dan program studi di Universitas Tanjungpura; 4) Perlindungan program studi angka peminat di Universitas Tanjungpura; dan 5) Penguatan kerjasama antar perguruan tinggi baik Universitas Tanjungpura dengan perguruan tinggi lainnya.

Sementara itu, peningkatan kapasitas iptek, inovasi dan daya saing Universitas Tanjungpura dapat dilakukan melalui: 1) Penyediaan infrastruktur iptek di Universitas Tanjungpura; 2) Peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian; 3) Peningkatan kerjasama penelitian Universitas Tanjungpura dan industri; 4) Penerbitan jurnal ilmiah, fasilitasi publikasi dan sitasi; 5) Fasilitasi perolehan HAKI khususnya hak paten dari hasil penelitian dan pengembangan di Universitas Tanjungpura; serta 6) Penerapan hasil litbang yang dimiliki oleh Universitas Tanjungpura.

Akhir kata, peningkatan relevansi Universitas Tanjungpura dapat dilakukan melalui: 1) Peningkatan pengabdian civitas akademika Universitas Tanjungpura kepada masyarakat; 2) Penguatan pendidikan vokasi di Universitas Tanjungpura; 3) Penguatan pendidikan kewirausahaan dan perkoperasian; 4) Pengembangan karir lulusan Universitas Tanjungpura; dan 5) Pengembangan kemitraan Universitas Tanjungpura dengan dunia usaha/dunia industri.


Referensi:
  • Lampiran Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia. 2017
  • Rencana Strategis dan Rencana Operasional Universitas Tanjungpura. 2015 – 2019 
  • http://pontianak.tribunnews.com/2018/05/12/universitas-tanjungpura-bebas-pungli
  • http://pontianak.tribunnews.com/2018/06/01/universitas-tanjungpura-jalin-kerjasama-dengan-sesko-tni

Ket: Penulis merupakan lulusan Program Doktoral/S3 Institut Pertanian Bogor. Saat ini penulis menjadi Program Manager di Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (SNKI)

Cat: tulisan diikutsertakan dalam Lomba Blog UNIVERSITAS TANJUNGPURA “Bersama UNIVERSITAS TANJUNGPURA Membangun Negeri”

dok: www.untan.ac.id
dok: www.untan.ac.id

1 komentar:

  1. CrownQQ | Agen Domino QQ | BandarQ | Domino99 Online Terbesar

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang di berikan CrownQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap minggunya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah

    Games Yang di Hadirkan CrownQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : AGEN BANDARQ CrownQQ
    BBM : 2B382398
    FB : AgenCrownqq
    Twitter : crown_qq

    BalasHapus