Minggu, 15 Desember 2019

Bahagia Bersama AirAsia: Menjejak Langkah di Myanmar

dok: pribadi
Pada 26 Maret 2019 silam saya melakukan pemesanan tiket penerbangan (booking flight) ke Yangon, Myanmar dari Jakarta (PP) dengan menggunakan maskapai AirAsia. Yangon, Myanmar merupakan salah satu destinasi AirAsia. Dan tentunya menjadi salah satu negara impian tujuan destinasi traveling (bucket list) saya pribadi.

Sebagai anggota AirAsia BIG Member dengan BIG Member ID: 9999990015427777, kemudahan dalam proses pencarian hingga pembelian tiket AirAsia sangat saya rasakan. Saya dapat membeli tiket AirAsia melalui laman situs website airasia.com dan/atau aplikasi AirAsia. Adapun kemudahan sebagai BIG Loyalty AirAsia ialah kesempatan memperoleh BIG Points untuk free flights, promo dan lain sebagainya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa AirAsia merupakan salah satu maskapai yang berasal dari Malaysia. AirAsia juga dikenal sebagai maskapai murah/low-cost (LCC) dengan armada terbanyak di Asia Tenggara. Bahkan AirAsia telah memenangkan penghargaan sebagai World’s Best Low-Cost Airline dari Skytrax selama 11 tahun berturut-turut. Salut!

dok: databoks katadata
Dari segi biaya dan pendapatan pesawat LCC per KM, AirAsia juga merupakan salah satu bagian didalamnya.

Hal ini terbukti benar adanya, dikarenakan perjalanan Jakarta – Yangon (PP) via maskapai AirAsia membuat saya merogoh kocek “hanya” Rp 2,8 juta. Tapi tentu AirAsia sebagai maskapai murah bukan berarti memberikan pelayanan yang murahan, malah sebaliknya. Berikut bukti nyata pelayanan AirAsia yang saya rasakan berdasarkan kisah Bahagia Bersama AirAsia yaitu pengalaman ketika saya terbang bersama AirAsia.

dok: pribadi
Saya berencana ke Yangon pada tanggal 30 Maret 2019 dan kembali ke tanah air pada 3 April 2019. Saya pun melakukan pemesanan tiket AirAsia dan memilih produk AirAsia yang tersedia semisal bagasi, asuransi dan pilih kursi.

Saya menempuh perjalanan Jakarta – Yangon via transit di Bangkok sekitar 3 jam. Sedangkan perjalanan Yangon– Jakarta via transit di Kuala Lumpur sekitar 1 jam 45 menit. Saya memilih untuk menggunakan bagasi kabin 7 kg karena barang bawaan saya tidak begitu banyak. Berikut terlampir travel itinerary beserta flight details AirAsia Jakarta – Yangon (PP) yang saya miliki:

Pengalaman terbang bersama AirAsia merupakan hal yang membahagiakan. Kenapa? Karena, AirAsia memberikan pelayanan terbaiknya khususnya dari segi ketepatan waktu penerbangan. Mengingat ini merupakan kali pertama saya berkunjung ke Myanmar.
Perjalanan Jakarta – Bangkok saya tempuh dengan menggunakan maskapai AirAsia dengan flight QZ 256 pada pukul 1:35 PM dengan seat 10B. Saya pun tiba di Bangkok sekitar pukul 5:30 PM. Setelah transit sekitar 3 jam di Don Mueang, tepat pukul 8:30 PM saya melanjutkan perjalanan Bangkok – Yangon dengan AirAsia flight FD 257 dengan seat 18E, dan tiba di Yangon sekitar pukul 9:10 PM.

dok: pribadi
Pengalaman terbang bersama AirAsia saya rasakan mulai dari proses check-in, saat penerbangan, ketika transit di Bangkok hingga tiba di destinasi tujuan yaitu Yangon International Airport. Berkat AirAsia, saya merasakan beragam kemudahan. Satu hal yang cukup menarik saat proses penerbangan menggunakan AirAsia adalah ketika hendak mengisi lembar yang harus dilaporkan ketika proses transit check-in di imigrasi. Pasalnya, saya lupa membawa pena untuk menulis.

Untunglah AirAsia menyediakan pena yang ditawarkan secara komersil. Saya pun membeli pena AirAsia tersebut dengan harga yang sangat terjangkau. Menariknya, pena tersebut merupakan 4 in 1 Stylus Pen yang memiliki multi fungsi. Pena AirAsia tersebut selain dapat digunakan sebagai pen, juga dapat berfungsi sebagai Phone Stand, Stylus dan Screen Cleaner. Keren!

Setibanya di Yangon, saya pun langsung menuju penginapan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke Old Bagan keesokan harinya. Selama beberapa hari di Yangon mulai dari 30 Maret hingga 3 April sungguh menyisakan jejak perjalanan dan pengalaman yang membahagiakan. Perjalanan memang selalu mengajarkan banyak hal, tentang sebuah rasa syukur dan kebersamaan.

Add caption
dok: pribadi
Selanjutnya, saatnya kembali ke tanah air! Perjalanan Yangon – Kuala Lumpur ditempuh dengan menggunakan maskapai AirAsia flight AK 505 pada pukul 8:25 AM dengan seat 10E. Saya pun tiba di Kuala Lumpur pada pukul 12:40 PM. Setelah transit sekitar 1 jam 45 menit di Kuala Lumpur, tepat pukul 2:25 PM saya melanjutkan perjalanan Kuala Lumpur – Jakarta dengan AirAsia flight QZ 201 dengan seat 23F dan tiba di tanah air pada pukul 3:35 PM.

Lagi-lagi saya merasakan pengalaman terbang yang menarik bersama AirAsia ketika hendak kembali ke tanah air. Saat penerbangan saya membaca katalog AirAsia dan menemukan sebuah produk “Saborino” yaitu masker wajah made in Japan.

Betapa bahagianya hati saya karena masker wajah “Saborino” ini tidak bisa saya temukan di Indonesia dan saya pun tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan “jastip” alias jasa titip. Untunglah berkat AirAsia saya tidak perlu jauh-jauh ke Jepang atau melakukan jastip untuk bisa memperoleh produk “Saborino” tersebut. Hore!

AirAsia telah membersamai perjalanan dan menciptakan pengalaman Bahagia Bersama AirAsia. Saya meyakini komitmen AirAsia untuk terus memberikan layanan terbaik dan pengalaman terbang yang bahagia untuk setiap pelanggannya. Karena saya turut merasakan layanan terbaik dan pengalaman terbang yang membahagiakan tersebut. Terimakasih!

Oya, satu hal yang juga paling membahagiakan saya ialah: selang 3 bulan setelah melakukan perjalanan bersama AirAsia, saya akhirnya berbadan dua. Alhamdulillah! Sungguh menjadi pengalaman traveling yang tidak terlupakan bersama dengan maskapai andalan.

Dan saya pun sungguh bersyukur dan menikmati pengalaman bahagia yang saya rasakan saat ini, yaitu kehamilan pertama. Semoga kelak saya dapat melakukan perjalanan bersama keluarga dan mengajak keluarga turut merasakan pengalaman Bahagia Bersama AirAsia #BahagiaBersamaAirAsia