Smart City Indonesia: Kota Optimum, Efisien dan Mandiri melalui Teknologi Informasi

Apakah kalian pernah menyaksikan film “Future X Cops”? Film genre science fiction ini dirilis tahun 2010 dan diperankan oleh aktor dan aktris kenamaan diantaranya Andy Lau dan Barbie Hsu. Mengisahkan tentang seorang polisi yang menembus waktu untuk menjalankan misinya yaitu memburu seorang dokter yang dengan teknologi baru ciptaannya dapat memecahkan permasalahan sumber daya energi.


Satu hal yang menarik dari film ini ialah pada tayangan awal tepatnya menit ke 01:22. Kita akan disuguhi cuplikan suasana perkotaan di tahun 2080. Bangunan masa depan dan “mobil udara” menghiasi kota dan berseliweran dengan bebasnya tanpa menimbulkan kemacetan. Sungguh saya membayangkan seperti inilah konsep Smart City yang sesungguhnya. Kota yang modern dan cerdas!
“God makes villages, but men build the cities”
Hmm, setuju?

Ungkapan ini pada dasarnya menjelaskan bahwasanya kota merupakan wadah kehidupan dan kegiatan penduduknya yang dibangun oleh manusia. Misalnya, salah satu aspek dari besaran kota adalah terbentuknya “Primate City” yaitu suatu kota yang tumbuh begitu pesat jauh lebih besar beberapa kali lipat dibandingkan kota lainnya. 

Seiring berjalannya waktu, peranan kota dalam pembangunan terus meningkat dan makin disadari oleh semua pihak. Kota sebagai pusat pelayanan memperlihatkan kecenderungan perkembangan yang makin cepat dan luas. Kendati demikian bukan berarti pembangunan perdesaan kemudian menjadi dinomorduakan.

Pembangunan perkotaan bersifat multi dimensional dan multi aspek. Adapun tujuan pembangunan perkotaan diarahkan untuk mewujudkan pembangunan kota yang berkualitas, menciptakan kawasan yang layak huni, berkeadilan, berbudaya dan menjadi wadah bagi peningkatan produktivitas dan kreativitas masyarakat serta mewujudkan pusat pelayanan sosial ekonomi dan pemerintahan. Tapi yang jauh lebih penting ialah terwujudnya keseimbangan dan keterpaduan hubungan antara perkotaan dan perdesaan. 

Di sisi lain, pembangunan perkotaan berbasis kemandirian merupakan upaya untuk memanfaatkan segala potensi sumber pembangunan secara optimal, berdaya guna, berhasil guna dan berdaya saing yang tinggi untuk mewujudkan pembangunan kota yang mandiri. Semangat kemandirian merupakan komitmen dan kesepakatan para stakeholder terkait dan masyarakat. Jadi, pada intinya kota optimal, efisien dan mandiri merupakan kota yang ideal. 

Harapan yang ideal tersebut tentu tidak terlepas dari berbagai masalah yang ada. Sehingga penanganannya harus ditempuh salah satunya melalui teknologi informasi yang memegang andil dalam menyediakan beragam solusi guna mewujudkan konsep Smart City Indonesia.

Kehadiran Gamatechno yaitu perusahaan yang selama 12 tahun belakangan ini memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi. Gamatechno ibarat angin segar di tengah hiruk pikuk permasalahan dan laju digitalisasi di tanah air. 

dok: gamatechno.com
Berbagai solusi multi segmen dikembangkan oleh Gamatechno dan telah menghadirkan layanan yang dapat membantu mewujudkan Smart City Indonesia. Kabar baiknya beragam aplikasi yang disediakan dapat diakses gratis melalui Playstore bagi para pengguna Android.


Mari kita lihat berbagai kontribusi Gamatechno terhadap pencapaian visi dan misi Smart City Indonesia di berbagai kota di tanah air berikut ini:

Visit Sabang

Merupakan aplikasi berbasis Android yang berguna sebagai sarana informasi dan panduan bagi wisatawan yang ingin menelusuri dan menemukan lokasi menawan di Sabang Aceh. Kita dapat menemukan ragam artikel informatif dan informasi terkait tempat penginapan, wisata kuliner, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.

dok: app playstore
Solo Destination

Merupakan aplikasi mobile pemandu wisata di Solo dengan fitur yang sangat memudahkan wisatawan dalam menjelajah Solo. Wisatawan dapat dengan mudahnya menemukan informasi tempat kuliner, wisata, penginapan, kerajinan, pusat perbelanjaan, fasilitas publik, acara yang sedang diselenggarakan, jadwal transportasi umum, dan lainnya.

dok: app playstore
Amazing Sleman

Merupakan panduan wisata dalam genggaman yang menyediakan pelbagai lokasi terbaik sebagai panduan wisata selama berada di Sleman. Amazing!

dok: app playstore
Jelajah Bantul

Merupakan pemandu wisata Bantul berupa aplikasi perjalanan bagi kita yang ingin berkunjung ke Kabupaten Bantul. Fitur yang disajikan memudahkan kita untuk menjelajah Bantul dengan nyaman.

dok: app playstore
Pesona Magelang

Merupakan aplikasi pemandu berwisata di Kabupaten Magelang. Aplikasi berbasis android ini berisi informasi seputar Magelang.

dok: app playstore
Sragen Tourism

Menjadi solusi bagi yang ingin berwisata ke Sragen. Aplikasi ini berisi ragam fitur terbaik yang memberikan kemudahan dalam menjelajahi setiap tempat di Sragen. Kita tidak perlu khawatir karena aplikasi ini akan memberikan informasi tentang tempat kuliner, wisata, penginapan, seni dan budaya, kerajinan, pusat perbelanjaan, fasilitas publik, dan bahkan acara yang sedang berlangsung di Sragen saat itu.

dok: app playstore
Visit Kudus 

Merupakan aplikasi panduan wisata dan pelayanan publik. Apliaksi mobile city ini memberikan informasi bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 

dok: app playstore
Purworejo 

Merupakan aplikasi mobile city directory untuk memandu dan menjelajah tempat-tempat terbaik di Purworejo. 

dok: app playstore
Visit Kendal

Merupakan aplikasi berbasis android yang menyuguhkan ragam informasi dan panduan bagi para wisatawan yang ingin menemukan lokasi menawan di Kendal Jawa Tengah. Kita dengan mudahnya akan menemukan informasi tentang penginapan, wisata, kuliner, perbelanjaan, kerajinan, seni dan budaya, acara, layanan umum dan bisa juga mendengarkan siaran langsung Swara Kendal FM. Menakjubkan!

dok: app playstore
Ayo ke Demak

Merupakan mobile city directory untuk pariwisata Demak. Aplikasi ini merupakan pemandu yang handal. Ayo ke Demak memiliki fitur utama yang sangat tepat digunakan sebagai pemandu sekaligus sumber referensi bagi yang ingin berwisata ke Demak.

dok: app playstore
Rembang Bangkit

Merupakan aplikasi yang memberikan kita informasi wisata yang terdapat di Rembang.

dok: app playstore
Denpasar Sightseeing

Merupakan aplikasi berbasis android yang berfungsi sebagai sarana informasi dan panduan bagi para wisatawan. 

dok: app playstore
WOW!

Berkenaan dengan hal tersebut maka beragam layanan terbaik di berbagai aspek kehidupan diantaranya melalui teknologi informasi tentu saja harus tetap mendukung kehidupan masyarakat kota yang berperan sebagai stakeholder utama. 

Oleh karenanya pembangunan perkotaan juga perlu memiliki kepemimpinan lokal yang apresiatif yaitu yang mampu menyerap aspirasi masyarakat, harmonis sehingga mampu menciptakan kerukunan dalam masyarakat, partisipatif yaitu mampu meningkatkan keterlibatan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan, kreatif dan inovatif yaitu mampu menciptakan suasana yang baru serta  yang terpenting ialah berwawasan pembangunan masa depan.

Cat: tulisan diikutsertakan dalam Blog Writing Competition “Membangun Smart City dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi” oleh Gamatechno

Blog Writing Competition Gamatechno

Komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknologi Sistem Informasi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pusat Studi Teknologi Sistem Informasi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Teknologi Sistem Informasi

    BalasHapus

Posting Komentar