Rabu, 09 Mei 2018

Zakat Online dan Kebaikan Inklusif

“...dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan” ( QS. Al Baqarah: 110) 
Zakat merupakan bagian dari Rukun Islam yang menjadi kewajiban untuk dilaksanakan. Terdapat sekitar 18 surat dan 34 ayat yang membahas dan menyebutkan tentang zakat dalam kitab suci Al Qur’an. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri melansir bahwa zakat mengandung pengertian yaitu: Jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syarak. 

Zakat terdiri dari berbagai macam jenis. Pun, lembaga yang menyalurkan zakat sangat beragam. Selama ini saya terbiasa menyalurkan zakat melalui Dompet Dhuafa yang memiliki jargon “Non Profit Organization for Global Empowerment”. Kemudahan yang ditawarkan oleh Dompet Dhuafa di era digital saat ini ialah melalui penyaluran zakat berupa layanan zakat online melalui donasi.dompetdhuafa.org. Portal donasi yang aman dan mudah memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para donatur Dompet Dhuafa

dok: https://dompetdhuafa.org
Berkenaan dengan hal tersebut, laman Alexa.com melansir bahwa Dompet Dhuafa melalui laman pribadinya yaitu dompetdhuafa.org menduduki peringkat ke 6.899 secara nasional. Adapun trennya menunjukkan peningkatan tiap tahunnya. 

dok: https://dompetdhuafa.org
Sedangkan secara demografi, laman Dompet Dhuafa kerap dikunjungi oleh mereka yang berjenis kelamin laki-laki, dengan status pendidikan tinggi dan biasanya dilakukan melalui tempat kerja. 

dok: https://dompetdhuafa.org
Dompet Dhuafa memberikan fasilitas pengkhususan donasi zakat berupa zakat maal, zakat fitrah, zakat penghasilan dan fidyah. Untuk zakat maal sendiri memiliki keterangan berupa penghasilan, simpanan, perdagangan, pertanian dan peternakan. Jumlah donasi ditetapkan minimal sebesar Rp 10 ribu. 

dok: https://dompetdhuafa.org

dok: https://dompetdhuafa.org
Mekanisme proses donasi melalui portal donasi online Dompet Dhuafa sangat mudah. Setelah melakukan pengisian kelengkapan profil dan pilihan zakat serta jumlah donasi, kita dipersilahkan memilih metode untuk melakukan pembayaran donasi. Adapun saya sendiri memilih melakukan transfer bank. 

dok: pribadi
Tidak selang beberapa lama pihak Dompet Dhuafa akan mengirimkan resume donasi dilengkapi dengan nomor referensi. Setelah melakukan pembayaran melalui pilihan nomor rekening bank yang tersedia, kita harus melakukan konfirmasi pembayaran. 

dok: https://dompetdhuafa.org
Sejujurnya setelah menunaikan pembayaran zakat maka perasaan akan terasa sangat menenangkan. Sebagaimana ucapan pihak Dompet Dhuafa bahwasanya “Semoga Allah memberikan pahala atas donasi yang diberikan, memberikan keberkahan atas harta yang tersisa, dan menjadikannya suci dan mensucikan”. Ya, suci dan mensucikan! 

Hal ini semata-mata dikarenakan harta yang kita peroleh hanya bersifat sementara dan titipan belaka. Sebagaimana disebutkan dalam QS. Al Baqarah: 274 yang berbunyi:
“...orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”. 
Dompet Dhuafa melakukan pemberdayaan kaum dhuafa melalui program dana zakat. Pemaknaan zakat menjadi lebih dari sekedar memberi dan menerima melainkan juga menenangkan hati dan mensucikan harta benda pemiliknya serta tentu saja menyenangkan hati mereka yang lebih berhak menerima. 


Semoga di usia Dompet Dhuafa yang ke seperempat abad ini dapat lebih membentangkan kebaikan bersama untuk semua orang tanpa terkecuali (inklusif). Usia 25 tahun merupakan usia yang matang dan semakin mantap untuk menjadi inspirasi melalui edukasi syariat dan menularkan semangat untuk berzakat di tengah masyarakat Indonesia. Aamiin!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Berawal Dari Zakat, #25thnMembentangKebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa cek info lomba di donasi.dompetdhuafa.org/lombablog 

dok: https://dompetdhuafa.org

4 komentar:

  1. Zakat bisa membuat kita tenang. Zakata juga melimpahkan rejeki kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar sekali mas amir. zakat menenangkan dan menyenangkan.

      Hapus
  2. menenangkan dan membantu menuntaskan kemiskinan yah kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. True! Secara tidak langsung kebaikan sosial yg dihimpun bersama melalui zakat akan dpt membantu teman2 kita yg membutuhkan minimal meringankan beban yg mereka pikul. Tks ya mas joe udah mampir :)

      Hapus