Review GoClean: Aplikasi Layanan Kebersihan Tuntas, Bebas Beban Menuju Hidup Berkualitas

dok: https://www.gojek.com/blog/GoClean-CaraPraktis/
Sebagai seorang istri sekaligus calon ibu yang bekerja kantoran, menyelesaikan pekerjaan domestik rumah tangga membutuhkan manajemen waktu yang baik. Tentu saja hal ini diperlukan guna menghindari beban kerja yang berlebihan. Apalagi saat ini saya tengah mengandung dengan usia kehamilan di Trimester 2, sehingga saya perlu memperhatikan daya tahan tubuh supaya tidak terlalu capek. 

Agar tanggung jawab dalam mengemban peran ganda sebagai istri sekaligus calon ibu yang baik dapat seiring sejalan, saya harus cekatan dan pintar memilih “bala bantuan” dalam menyelesaikan pekerjaan di rumah. Khususnya dalam membersihkan seisi rumah dan perabotan. 

Akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk beristirahat sejenak di rumah, setelah berhari-hari ditinggal bekerja. Pasalnya, terkadang pulang kantor, saya dan suami sudah capek. Besoknya, kami harus berangkat ke kantor pagi hari. Begitu seterusnya siklus hidup rutinitas bekerja yang kami jalani. Alih-alih membersihkan rumah di akhir pekan, kami malah ingin bersantai saja. 

Lantas, bagaimana dengan kebersihan rumah? Solusinya ialah GoClean

dok: pribadi
Untunglah di era digital seperti saat ini, banyak tersedia ragam pilihan aplikasi yang menyediakan alternatif jasa layanan profesional untuk kebersihan. Semisal, GoLife melalui layanan GoClean yaitu layanan kebersihan profesional yang bisa diakses melalui aplikasi GoLife. 


Saat ini GoClean telah beroperasi di lebih dari 20 kota di seluruh Indonesia. Untuk area Jabodetabek sendiri tersedia harga yang ditawarkan oleh GoClean cukup bervariasi. Misalnya, dengan peralatan pribadi mulai dari Rp 40 ribu. Sedangkan bila memakai peralatan GoClean maka mulai dari Rp 50 ribu. Untuk setrika harganya mulai dari Rp 40ribu. Meski demikian, tidak tanggung-tanggung layanan yang ditawarkan memiliki garansi, asuransi dan ditangani oleh mitra yang berpengalaman. 

GoClean memberikan jaminan On-Demand yang berarti mitranya siap membasmi kotoran dan ruangan berantakan dimanapun kita tinggal saat dibutuhkan. Selain itu, GoClean juga memberikan jaminan bahwa mitranya terlatih karena telah mengikuti pelatihan resmi yang telah distandardisasi oleh GoLife. Serta, mitra yang terpercaya karena bekerja sesuai SOP dibawah pengawasan GoLife. 

Hmm, lalu bagaimana cara akses layanan GoClean? Mudah, kok! Silahkan download/update aplikasi GoLife di ponsel, lalu klik icon GoClean. Silahkan pilih layanan yang diinginkan serta preferensi jenis kelamin penyedia jasa. Setelah itu, tentukan waktu dan tanggal pesanan serta masukkan alamat. Lalu, klik "Pesan". Sistem secara otomatis akan memberikan penyedia jasa yang terdekat dengan lokasi kita. 

dok: pribadi
Alhasil, pada Sabtu, 26 Oktober 2019 saya melakukan pemesanan kategori layanan Spesial berupa “Paket Apartemen” dengan spesifikasi 2 Bedroom (BR). Untuk paket apartemen sendiri disinyalir sangat cocok bagi kami yang tinggal di apartemen. FYI, kami tidak perlu menyiapkan peralatan pembersihan karena pembersihan apartemen akan dilakukan dengan menggunakan peralatan dan chemical milik GoClean. 
dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Kebetulan, GoClean sedang ada Diskon Manis Manja 50% bebersih rumah sama GoClean dari jam 16.00 – 20.00. GoClean mengusung tema Bebersih di Kala Senja dengan kode voucher BERSIHSENJA. Periode diskonnya dari tanggal 14 – 27 Oktober 2019. 

dok: app GoLife/GoClean
Tanpa menunggu waktu lama, saya pun langsung menggunakan kode diskon tersebut untuk bebersih apartemen. Pihak GoLife memberikan tata cara memakai voucher yaitu: 1) Pastikan sudah install/update aplikasi GoLife versi terbaru; 2) Tekan “Use Voucher” / “Pakai Voucher” dan masuk ke halaman GoClean di aplikasi GoLife; 3) Pilih layanan sesuai kebutuhan dan lengkapi detail pesanan; 4) Tentukan waktu, lokasi pesanan dan pilih metode pembayaran; 5) Konfirmasi ulang semua detail pesanan lalu klik “PESAN”; 6) Biaya layanan akan terpotong otomatis sesuai nominal voucher. 

dok: pribadi
Selain itu, tersedia syarat dan ketentuan penggunaan voucher diskon antara lain: 1) Voucher hanya berlaku untuk layanan GoClean; 2) Voucher hanya berlaku untuk pemesanan pada pukul 16.00 – 20.00 di waktu setempat; 3) Ada nominal maksimal diskon; 4) Voucher hanya berlaku untuk 1 (Satu) kali pemesanan; 5) Ada batas waktu penggunaan Voucher setelah diterima; 6) Voucher tidak bisa digabung dengan promo lainnya; 7) Voucher berlaku untuk metode pembayaran tertentu; 8) Voucher berlaku di seluruh wilayah operasional GoClean; 9) Voucher tidak bisa ditukar dengan voucher lain atau uang tunai dalam kondisi apapun; 10) GoLife berhak mengubah syarat dan ketentuan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu; 11) GoLife berhak melakukan tindakan yang diperlukan apabila diduga ada kecurangan yang merugikan; 12) Dengan memakai voucher, pengguna dianggap mengerti, serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Saya pun langsung masuk ke layanan aplikasi GoLife dan memilih halaman GoClean. Voucher diskon tersebut sudah otomatis terpasang, sehingga saya bisa langsung menggunakan voucher tersebut. Saya memilih layanan “Paket Apartemen” 2 BR seharga Rp 135 ribu dan menentukan waktu pemesanan di hari Sabtu, 26 Oktober 2019 pukul 16.00. Lokasi pemesanan adalah di Apartemen Green Pramuka City, Jakarta Pusat. Metode pembayaran melalui GoPay. Setelah melakukan konfirmasi detail pesanan, saya langsung melakukan pemesanan jasa layanan professional GoClean. Biaya layanan pun langsung terpotong otomatis sesuai nominal voucher sebesar Rp 25ribu. Sehingga saya hanya perlu membayar sebesar Rp 110 ribu. 

dok: pribadi
Eits, tapi sebelum total harga muncul, GoClean memberikan alternatif pilihan preferensi penyedia jasa apakah ingin memilih wanita atau pria. Saya pun memilih penyedia jasa wanita. 

dok: pribadi
Selang beberapa menit, akhirnya saya berhasil menemukan talent yang sesuai untuk jadwal GoClean saya: Bu Inoh! 

dok: pribadi
dok: pribadi
dok: pribadi
Saya langsung menerima notifikasi status pesanan bahwa permintaan saya telah dikonfirmasi. Tepat pukul 16.00, Bu Inoh tiba di apartemen. Update notifikasi status pesanan saya juga langsung berubah dari “Dalam Perjalanan” menjadi “Dalam Pengerjaan”. 

dok: pribadi
Kesan pertama dengan Bu Inoh, beliau sangat sopan dan baik. Setelah mengucapkan salam dan berkenalan, Bu Inoh mohon izin permisi sebentar untuk berganti pakaian kerja bertuliskan GoLife. Saya pun mempersilahkan dan mengantarkan beliau masuk ke kamar. 

Selanjutnya, Bu Inoh pun langsung bekerja membersihkan Kamar Utama. Beliau melakukan vakum dengan penghisap debu untuk tempat tidur, memasang seprei, membersihkan lemari pakaian dan meja rias. Beliau sangat detail membersihkan tiap sudut kamar utama. 

Bu Inoh membersihkan tempat tidur di kamar utama (dok: pribadi)
Bu Inoh memasang seprei (dok: pribadi)
Lalu, Bu Inoh membersihkan kamar tamu. Sama seperti di kamar utama, beliau melakukan vakum dengan penghisap debu. Beliau juga membersihkan langit-langit kamar dan menyapu serta mengepel lantai kamar. 

Bu Inoh membersihkan kamar tamu (dok: pribadi)
Setelah itu, Bu Inoh beranjak ke ruang tengah. Beliau membersihkan rak TV, kipas angin, sofa, menyapu dan mengepel lantai. Sekali lagi, semua dilakukan beliau dengan sangat rapi. 

Bu Inoh membersihkan meja TV di ruang tengah (dok: pribadi)
Bu Inoh membersihkan kipas angin (dok: pribadi)
Bu Inoh menyapu dan mengepel lantai di ruang tengah (dok: pribadi)
Bu Inoh membersihkan sofa di ruang tengah (dok: pribadi)
Setelah membersihkan semua ruangan, beliau pun masuk ke kamar mandi dan mulai membersihkan tiap sudut kamar mandi. Bahkan semua ember yang ada di kamar mandi pun disikat oleh Bu Inoh. Dinding dan lantai kamar mandi pun disikat sehingga menjadi kinclong dan tidak licin. Closet duduk pun disikat hingga bersih dan mengkilap. 

Bu Inoh membersihkan kamar mandi (dok: pribadi)
Bu Inoh sangat telaten membersihkan kamar mandi (dok: pribadi)
Di akhir sesi, Bu Inoh membersihkan kitchen set hingga mengkilap. Bu Inoh juga mencuci piring dan gelas yang masih menumpuk. 

Bu Inoh membersihkan kitchen set (dok: pribadi)
Alhamdulillah. Berkat Bu Inoh saya merasa sangat terbantu dalam menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan domestik rumah tangga di akhir pekan. Saya pun memberikan penilaian terhadap pelayanan GoClean dengan: Sangat Puas! Saya sangat menyukai kualitas hasil kerja, durasi kerja dan kesopanan Bu Inoh. 

Hasil pekerjaan Bu Inoh sangat memuaskan! (dok: pribadi)
Akhir kata, demikianlah catatan singkat berupa Review GoClean yang bisa saya sampaikan. Ini merupakan honest review dari lubuk hati saya yang terdalam, karena saya benar-benar merasa sangat terbantu. Apalagi dalam kondisi saya seperti saat ini, yang bisa dibilang cukup kewalahan membersihkan rumah hanya berdua dengan suami yang juga sibuk bekerja. 

GoLife melalui layanan GoClean-nya telah memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Hal ini sebagaimana dilansir oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada Maret 2019 silam. Meski nilainya masih dibawah GoCar, GoRide dan GoFood, tapi hal ini telah menunjukkan kontribusi Gojek secara keseluruhan. 

Terimakasih, GoClean! Karena telah memudahkan hidup saya dengan layanan profesional dan terpercaya. Kebutuhan harian saya pun tidak menjadi beban. Yuk, rencanakan kebersihan bersama GoClean untuk kualitas hidup yang lebih baik. Mari sukseskan #KebersihanBerencana bersama GoClean, 2x seminggu cukup! 


Cat: tulisan diikutsertakan dalam GoLife Blog Competition #ReviewGoLife #ReviewGoClean #PastiAdaJalan 

Komentar