Rabu, 23 November 2016

Tak Kepo Maka Tak Peduli: Ada Apa dengan Air Jakarta?

Bogor acapkali dijadikan “tersangka” biang kerok atas terjadinya banjir di Jakarta apalagi ketika musim penghujan tiba. Dalam kesempatan yang baik ini saya bukan bermaksud hati melakukan pembelaan diri atas beragam tudingan tersebut hanya karena saya berdomisili di Bogor. Melainkan saya ingin berbagi apa saja upaya yang telah dilakukan oleh kami selaku bagian dari masyarakat Bogor terutama dalam berusaha berkontribusi memulihkan kondisi Bogor guna menjaga ketersediaan air di Jakarta.


Pada 2013 silam, saya bersama rekan-rekan mahasiswa Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan Pascasarjana IPB Bogor melakukan fieldtrip ke wilayah Puncak Bogor tepatnya ke Tugu utara dan Tugu selatan guna mengamati sekilas perkembangan tata ruang pasca pembongkaran villa ilegal di wilayah tersebut. Pasalnya, bangunan liar tersebut diduga menyalahi aturan Rencana Tata Ruang dan berdampak signifikan terhadap resapan air di wilayah tersebut. Kondisi yang ada lantas dipulihkan kembali atau istilah kerennya restorasi.


Tidak hanya melakukan kunjungan lapang, saya bersama rekan-rekan Himpunan Mahasiswa Wirausaha Pascasarjana IPB Bogor pun tergerak untuk melakukan penanaman pohon di Hutan Organik Megamendung yang terletak di Puncak Bogor. Kami meyakini bahwa kontribusi kecil kami In Shaa Allah akan memberikan dampak yang besar, mungkin tidak sekarang tapi nanti. 

HIMAWIPA IPB Bogor melakukan penanaman pohon di hutan organik Megamendung Bogor (dok: pribadi)
Kepemilikan hutan organik ini dimiliki secara pribadi oleh Pak Bambang Istiawan dan Ibu Rosita. Beliau berdua merupakan pegiat lingkungan yang memiliki kontribusi besar terhadap pelestarian lingkungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa Hutan organik Megamendung menjadi salah satu pelopor pelestarian lingkungan terutamanya sumber daya air di Bogor dan sekitarnya. Melalui upaya-upaya pemulihan yang dilakukan diharapkan sumber daya air di Bogor menjadi terjaga dan Jakarta tidak lagi mendapat “kiriman” yang tidak diharapkan. Upaya ini merupakan salah satu bentuk partisipasi gerakan dinamika masyarakat.


Upaya sederhana yang dilakukan ini sekiranya dapat membuka mata hati orang-orang yang kerap nyinyir dengan banjir di Jakarta. Memang sih, mudah sekali menyalahkan orang lain tanpa mencoba introspeksi diri sendiri terlebih dahulu. Sigh!

Jujur saja ya, sudah semenjak lama tepatnya sejak tahun 90-an semasa saya duduk di bangku Sekolah Dasar, santer beredar kabar bahwa “Jakarta akan tenggelam” dikarenakan air tanahnya mulai terkikis habis. 


Kekhawatiran semacam itu tentunya menuntut tindak lanjut sehingga perlu ada penyelamatan dini terhadap Jakarta, Ibukota Negara. Buktinya, berdasarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada tahun 2015 silam telah direncanakan pembangunan sarana dan prasarana pengendali banjir 284,3 km dengan sebaran lokasi diantaranya di Jakarta. 

Disadari bahwa permasalahan kapasitas infrastruktur pengendali banjir dan genangan yang kita miliki memang masih rendah sehingga belum mampu mengimbangi peningkatan intensitas aliran permukaan di kawasan strategis dan perkotaan. Belum lagi ditambah dengan persoalan perubahan eksplorasi tata guna lahan pada Daerah Aliran Sungai yang tidak dimbangi konservasi dan perubahan pola dan intensitas curah hujan yang diperparah dengan buruknya kondisi drainase makro mikro serta semakin meningkatnya pembuangan sampah ke badan sungai telah meningkatkan kerawanan daya rusak air di berbagai wilayah di Indonesia tak terkecuali Jakarta.

Pemerintah sendiri telah merumuskan ragam kebijakan dalam rangka menjamin dan meningkatkan ketahanan air untuk mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik kebijakan pengelolaan sumber daya air diantaranya yaitu: Pemeliharaan dan pemulihan sumber air dan ekosistemnya; Pemenuhan kebutuhan dan jaminan kualitas air untuk kehidupan sehari-hari bagi masyarakat; Pemenuhan kebutuhan air untuk kebutuhan sosial dan ekonomi produktif; Peningkatan ketangguhan masyarakat dalam mengurangi risiko daya rusak air termasuk perubahan iklim; dan Peningkatan kapasitas kelembagaan, ketatalaksanaan dan keterpaduan dalam pengelolaan sumber daya air yang terpadu, efektif, efisien dan berkelanjutan termasuk peningkatan ketersediaan dan kemudahan akses terhadap data dan informasi.

Perlu diakui bahwa permasalahan sumber daya air kita tidak sekedar tentang banjir dan genangan melainkan kapasitas tampung per kapita dan cakupan layanan air baku yang masih rendah. Dengan kapasitas tampung sebesar 50 m3/kapita, angka ini masih sangat jauh dari kapasitas tampung ideal 1975 m3/kapita. Kita jauh dibawah kapasitas negara tetangga Thailand yang mencapai 1277 m3/kapita, Australia bahkan memiliki kapasitas tampung sebesar 4217 m3/kapita. Sedangkan kebutuhan untuk penyediaan air bersih, dukungan layanan air baku saat ini baru mencapai 51,4 m3/detik atau baru dapat melayani 66,4 persen dari kebutuhan masyarakat. Kondisi tersebut pada akhirnya memicu eksplorasi air tanah yang berlebihan sehingga membawa dampak terjadinya penurunan muka tanah di beberapa daerah seperti di pesisir utara Jakarta.


Hingga pada awal tahun 2016, saya berkesempatan melakukan site visit ke PAM Lyonnaise Jaya (PALYJA) yang berlokasi di Pejompongan dan meninjau langsung proses pengolahan air yang akan didistribusikan ke beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya.


pejompongan water treatmant PALYJA (dok: pribadi)


siklus air bersih (dok: pribadi)
Air yang diperoleh lalu ditampung dan diolah di bak penampungan khusus sebelum didistribusikan kepada masyarakat. PALYJA sendiri memang bertugas untuk meningkatkan penyediaan dan pelayanan air bersih kepada masyarakat Jakarta. PALYJA pun telah 25 tahun bekerjasama dengan PAM Jaya.

bak penampungan (dok: pribadi)


air yang tampak kotor ini dibeli oleh PALYJA untuk diolah kembali (dok: pribadi)

saluran penyaluran air (dok: pribadi)
Fyi, kedalaman air di accelator mencapai 5 meter, hal ini berdasarkan informasi dari bagian produksi IPA Pejompongan 1. Selanjutnya, kami pun beranjak masuk ke dalam ruangan pompa distribusi yang sangat bising karena tingkat kebisingannya mencapai 90 - 95 dBA sehingga sangat disarankan untuk mengenakan penutup telinga ketika memasuki ruangan ini. 

dok: pribadi
Kami memperoleh informasi bahwa proses pengolahan air agar layak dikonsumsi menggunakan senyawa semisal Koagulan utama berupa Aluminium chloro hidrat serta Potassium permanganate. Tampilannya seperti tampak pada gambar di bawah ini:

koagulan utama (dok: pribadi)

potassium permanganate (dok: pribadi)
Setelah puas meninjau lokasi bak penampungan, kami berkesempatan memasuki ruang kendali kontrol dan melihat lebih dekat bagaimana proses kerja pendistribusian air yang dilakukan oleh PALYJA kepada masyarakat Jakarta.

ruang kontrol dan kendali distribusi air (dok: pribadi)

analisis perlakuan air (dok: pribadi)

area yang terlayani distribusi air (dok: pribadi)
Pada akhirnya, berangkat dari visi, misi dan nilai-nilai utama yang dipegang teguh menjadikan seseorang atau pihak tertentu merasa berkepentingan dan perlu untuk ikut serta dan turut andil mengentaskan permasalahan yang ada guna berkontribusi dan menunjukkan kepedulian. Sama halnya dengan upaya kecil nan sederhana yang telah dilakukan selama ini. Minimal dimulai dari menemukenali permasalahan dan mencari solusi penyelesaian.

Hmm, mungkin kini saatnya menjadi seorang yang KEPO alias Knowing Every Particular Object tidak ada salahnya karena hal tersebut toh menunjukkan kepedulian kita terhadap air di Jakarta. Seperti #PAMJayaQuotes berikut ini, bahwa tetaplah selalu berupaya melakukan hal-hal yang berimbas baik pada kehidupan. Semoga bermanfaat.


dok: twitter @pamjaya_id
Profil singkat:
  • Nama: Yesi Hendriani Supartoyo, MSi
  • Tempat tinggal: Dramaga, Bogor – Jawa Barat 16680
  • Pekerjaan: Peneliti di Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC)
  • Status: Mahasiswa Pascasarjana IPB Bogor
  • Email: yesisupartoyo77@gmail.com
  • Nomor ponsel: +6282189561289
Cat: tulisan diikutsertakan dalam Kompetisi Menulis “Cerita Pengalaman Kepedulian terhadap Air Jakarta” oleh PAM JAYA #PeduliAirJakarta. Ayo peduli!

5 komentar:

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Possible LOAN offer contact us now.
      We can assist you with a loan here on any amount you need provided you are going to pay it back after given, We give out a loan with 3% interest rate on any amount. Kindly contact us today for more information and get funded without any problem.

      LOAN APPLICATION FORM.
      Full Name:
      Date of Birth:
      Address:
      Sex:
      Phone No:
      City:
      Zip Code:
      State:
      Country:
      Nationality:
      Occupation:
      Monthly Income:
      Amount Needed:
      Duration:
      Purpose of the loan:
      Where do you hear about us?...

      E-mail: aabidullahaameen62@gmail.com
      WhatsApp: +393511255040

      Hapus
  2. Halo,
    Saya adalah Ibu Margaret Pedro, pemberi pinjaman pribadi dan CEO perusahaan pinjaman Margaret Pedro, di mana kami menawarkan pinjaman kepada semua individu di seluruh benua Asia, Eropa dan sekitarnya, kami memberikan semua jenis pinjaman, seperti pinjaman usaha, pinjaman sekolah , Pinjaman perumahan, pinjaman investasi, pinjaman untuk membeli mobil dan membangun rumah, pinjaman untuk industri yang sedang berjalan, dll. Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, hubungi kami hari ini untuk mengetahui kesulitan keuangan Anda dan kami akan memberikan solusi permanen untuk masalah keuangan Anda dan membantu kehidupan keuangan Anda stabil lagi. Hubungi kami melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com
    APLIKASI DATA
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Ibu, CEO Margaret.
    Email: margaretpedroloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah Anda memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% pembiayaan dengan dokumentasi minimal. Silakan email kami: {donnahallfundingllc@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga kami dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan pinjaman

    BalasHapus