GuruInovatif.id, Inovasi Platform Pembelajaran dan Sertifikasi Guru

Sekitar 15 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2006, Richard Baranjuk seorang ‘Education Visionary’ sekaligus pendiri Connexions (OpenStax) yaitu sebuah platform sistem pendidikan online, tampil di forum TED Talks dan bercerita tentang ‘The Birth of The Open-Source Learning Revolution’. Hal yang luar biasa bahwa platform ini menjadi landasan untuk mengembangkan dan menyampaikan bahan ajar terutama bagi para guru di berbagai penjuru dunia. Siapa sangka, di era digital seperti saat ini, bahkan sejak munculnya pandemi Covid-19 selang setahun terakhir, dunia pendidikan semakin berupaya keras beradaptasi dan menyesuaikan diri di tengah dinamika global yang terjadi. Inovasi platform online/daring sebagai media pembelajaran menjadi sangat relevan saat ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di masa pandemi ini muncul permasalahan baru yaitu pembelajaran yang harus dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh yang ternyata belum diikuti dengan kesiapan pendidik, peserta didik maupun infrastruktur pendukung yang memadai. Harus kita akui bahwa tidak semua guru memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran daring secara efektif.

Selain itu, keterbatasan akses siswa terhadap konten-konten pembelajaran serta kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh menyebabkan penyampaian materi dan umpan balik pembelajaran tidak efektif. Pembatasan fisik dan sosial menghambat pelaksanaan berbagai upaya peningkatan kualitas dan penjaminan mutu. Kegiatan peningkatan kompetensi guru disesuaikan melalui mekanisme daring yang membutuhkan kesiapan infrastruktur seperti koneksi internet, infrastruktur dan modul.

Saat pandemi, diperlukan peningkatan kapasitas guru untuk mendukung proses belajar mengajar. Hasil survei Wahana Visi Indonesia yang berjudul "Suara Guru di Masa Pandemi Covid-19" menyebutkan sebanyak 46 persen guru membutuhkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan 43 persen manajemen pendidikan di masa darurat. Laporan tersebut juga menyebutkan, guru daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) cenderung lebih membutuhkan kompetensi PHBS sebesar 54 persen dan kurikulum sebesar 31 persen dibandingkan dengan guru non 3T yang lebih membutuhkan kompetensi psikososial.

Hasil survei Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru Indonesia (P2GI) juga mencatat, bahwa mayoritas guru Indonesia (sekitar 40 persen) mengajar secara daring atau melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama 1-2 jam per harinya di masa pandemi. Adapun aplikasi pembelajaran daring yang menjadi favorit para guru adalah media sosial. Tentu saja hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan tersendiri.

Oleh karenanya, kebijakan bidang pembangunan pendidikan perlu diarahkan untuk mendukung upaya penanganan dan pemulihan kondisi pandemi Covid-19 diantaranya melalui peningkatan akses dan kualitas pembelajaran jarak jauh misalnya melalui optimalisasi pemanfaatan platform pembelajaran daring serta penyediaan materi-materi pembelajaran daring bagi guru serta peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Serta melanjutkan program-program pelatihan guru dan tenaga kependidikan melalui mekanisme daring yang dapat menjangkau lebih banyak peserta dan membutuhkan pertemuan tatap minimal.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencatat jumlah guru yang tersertifikasi di Indonesia belum mencapai 50 persen. Sertifikasi menjadi ukuran dalam menentukan kelayakan profesi. Persentase guru yang tersertifikasi paling banyak terdapat di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 48,44 persen, lalu Sekolah Dasar (SD) sebesar 45,77 persen dan kemudian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 28,49 persen.

Sertifikasi guru merupakan amanat UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, karena kualitas guru dapat dilakukan dengan sertifikasi. Adapun sertifikasi guru bertujuan untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai agen pembelajaran. Selain itu, bertujuan untuk meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan.

Disinilah letak peran GuruInovatif.id sebagai Platform Belajar dan Sertifikasi Guru Indonesia. Bagi yang belum tahu, Guruinovatif.id merupakan platfrom baru untuk guru di seluruh Indonesia agar dapat melatih kemampuan guru dalam mengajar dengan berbagai fitur mulai dari kursus online, webinar, sertifikasi, dan berbagai program online lainnya. GuruInovatif.id lebih dari sekedar platform belajar dan sertifikasi online Guru Indonesia. Platform ini menjadi tempat bagi para guru belajar dan mengembangkan kompetensi di bidang akademiknya masing-masing. Alexa Rank sendiri melansir platform GuruInovatif.id menempati posisi ke 8.475 dalam skala nasional.

Tapi, kenapa harus belajar di GuruInovatif.id?


Jawabannya adalah karena platform ini menyediakan ragam fasilitas dan menjadi tempat untuk Melatih kemampuan guru; Trainer berpengalaman; Kursus bersertifikasi; dan tentunya Kemudahan belajar. Selain itu, GuruInovatif.id dan HAFECS telah dipercaya oleh guru dan pegiat pendidikan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Total sekitar 50 ribu guru dan pegiat pendidikan; 10 ribu sekolah dan instansi; 300 pelatihan; dan 300 Kota/Kabupaten. GuruInovatif.id merupakan transformasi pendidikan melalui kursus dan pelatihan online untuk guru Indonesia. GuruInovatif.id juga menghadirkan berbagai pilihan program online baik kursus dan webinar untuk Guru Indonesia mengasah kemampuan mengajar. GuruInovatif.id membuat cara paling mudah untuk guru belajar. Hanya perlu melalui 5 proses untuk dapat langsung mendapatkan fasilitas dari GuruInovatif.id dan belajar bersama trainer berpengalaman.

Saya pun tertarik mencoba fitur di GuruInovatif seperti kursus gratis, sertifikat penyelesaian & kelulusan, fitur affiliate, dan fitur lainnya. Pada Rabu, 10 Maret 2021 saya mengikuti GI Class #3 dengan topik “Kreasi Media Pembelajaran Menggunakan Canva”, jujur bagi saya pribadi ini merupakan hal yang baru. Dimana saya mempelajari tentang Pengenalan Canva; Pengenalan tools dalam pembuatan presentasi; Membuat kreasi presentasi menggunakan Canva; Membagikan/Mengeksport/Mengunduh file yang sudah dibuat; Merekam presentasi (tampil wajah pembicara sekaligus audio terekam). Ini sangat menarik dan super keren!

dok: http://guruinovatif.id/

dok: http://guruinovatif.id/

Karena terlepas apapun profesinya, tidak terkecuali guru, tentu ilmu ini sangat berguna dan menambah wawasan. Bayangkan dengan durasi 90 menit, materi yang kita peroleh sangat bermanfaat dan dibimbing langsung oleh pakarnya dari GuruInovatif.id dan hebatnya lagi pelatihan ini bebas biaya investasi alias GRATIS! Selain itu juga tersedia pilihan paket premium dengan biaya yang sangat terjangkau yaitu Rp 24.900 dan kita bisa memperoleh benefit berupa E-Sertifikat, materi dan video webinar. Keren!

dok: http://guruinovatif.id/

Tepat hari H yaitu Rabu (10 Maret 2021) pukul 13.00 saya bergabung dengan para Bapak/Ibu guru di platform zoom untuk sama-sama mengikuti kelas “Kreasi Media Pembelajaran Menggunakan Canva”. Total peserta selang setengah jam kelas berlangsung ada sekitar 289 orang. Wow! Terlihat bahwa para peserta antusias dan berkomitmen untuk bergabung dan mengikuti kelas pelatihan pada siang hari tersebut.


dok: pribadi

Jadi, buat teman-teman yang saat ini berprofesi sebagai guru (bahkan non guru pun sebenarnya bisa juga bergabung), ayo silahkan daftar dan mari belajar bersama di platform GuruInovatif.id dan jangan ragu ayo laksanakan Sertifikasi Guru di GuruInovatif.id, platform online learning bersertifikat untuk guru. Ayo bangun keterampilan mengajar dengan mengikuti berbagai kursus online mulai dari kursus gratis hingga premium. GuruInovatif.id memberikan kemudahan akses sehingga guru belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Salam sehat!

Sumber:

cat: tulisan diikutsertakan dalam Lomba Blog GuruInovatif.id sesi 2 



Komentar