Kemudahan Bayar Zakat Fitrah secara Online melalui Sinergi Foundation

Bismillah

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Pada hari ini Selasa yang penuh keberkahan dan semoga Allah memberikan keridhoannya di hari Selasa ini Tanggal 4 Mei 2021 bertepatan dengan Tanggal 23 Ramadhan 1442 Hijriyah, Saya wahyu mewakili Sinergi Foundation, menerima titipan, Zakat Fitrah untuk 3 orang sejumlah Rp. 135,100 dari Ibu Yesi Hendriani Supartoyo semoga dicatat sebagai amal sholeh

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ, وَبَارَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ,

وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Semoga Allah memberikan pahala atas apa yg telah diberikan dan menjadikan hartanya lebih suci dan lebih berkah lagi, serta diberikan kesehatan selalu.

Didatangkan kemudahan bagi Ibu dan Keluarga

Di berikan kesempatan mengisi kebaikan di Bulan Ramadhan, diberikan keberkahan dalam menambah amal sholeh di dalamnya.

---

AAMIIN YA RABBAL ALAMIN.

---

Alhamdulillah, selang beberapa menit setelah melakukan konfirmasi pembayaran zakat fitrah, saya memperoleh pesan notifikasi melalui WhatsApp dari Sinergi Foundation. Atas ijin suami, saya menunaikan zakat fitrah kami bertiga (saya, suami dan anak kami) melalui Sinergi Foundation.

Ya, saya bayar zakat fitrah secara daring/online. Pasalnya, Ramadhan tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu berkutat dengan pandemi. Selain untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, kami sekeluarga ingin berbagi dan menjangkau mereka yang membutuhkan secara lebih luas.

Adapun Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa No.23/2020 tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak dan Shadaqah untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 dan Dampaknya. MUI telah menetapkan bagian bagian kedua (Ketentuan Hukum) No 3 bahwa “Zakat fitrah boleh ditunaikan dan disalurkan sejak awal Ramadhan tanpa harus menunggu malam Idul Fitri”.

Lalu, kenapa harus menunaikan zakat online melalui Sinergi Foundation?

Sebagai informasi, Yayasan Sinergi Foundation (LAZ Sinergi Foundation) merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Skala Provinsi yang telah diakui oleh Ditjen Pajak (baca: disini). Oleh karenanya, kami merasa aman dan nyaman untuk melakukan penyaluran zakat fitrah melalui lembaga tersebut. Pun, Sinergi Foundation sangat gencar dan persuasif mengajak masyarakat untuk segera menunaikan kewajiban zakat di bulan Ramadhan. Hal ini semata agar para dhuafa dapat segera memperoleh manfaat. Pencapaian Sinergi Foundation hingga Desember 2020 sendiri sudah ada 770.752 penerima manfaat, 37.659 donatur bersinergi dan 13.074 mitra bersinergi. Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi, kan?


Berikut cara mudah melakukan bayar zakat fitrah secara online (zakat online) melalui Sinergi Foundation.

Pertama, masuk ke laman Donasi Zakat Fitrah. Kita akan diberikan pilihan donasi mulai dari Rp 33.000 untuk 3 kg beras (dengan estimasi harga per kg beras adalah Rp 11.000); lalu Rp 37.500 (dengan estimasi harga per kg beras adalah Rp 12.500); Rp 42.000 (estimasi harga per kg beras adalah Rp 14.000); dan Rp 45.000 (untuk estimasi harga per kg beras adalah Rp 15.000). Saya sendiri memilih donasi zakat fitrah sebesar Rp 45.000 per orang per 3 kg beras dengan estimasi harga per kg beras adalah Rp 15.000. Jadi, jumlah donasi zakat fitrah yang saya bayarkan untuk sekeluarga (saya, suami dan anak) adalah Rp 135.000.

dok: https://www.sinergifoundation.org/

Kedua, pilih metode pembayaran. Saya memilih metode pembayaran transfer bank melalui Bank BNI.

dok: https://www.sinergifoundation.org/

Ketiga, ikuti instruksi pembayaran. Kita harus melakukan transfer pembayaran tepat sesuai dengan nominal jumlah donasi. Saya sendiri diharuskan membayar sebesar Rp 135.100. Angka 100 sendiri merupakan kode unik agar donasi dapat terverifikasi secara otomatis. Kita tidak perlu khawatir dengan 3 angka terakhir tersebut karena Rp 100 itu akan didonasikan oleh Sinergi Foundation.

dok: https://www.sinergifoundation.org/

dok: https://www.sinergifoundation.org/

Keempat, lakukan konfirmasi pembayaran donasi zakat fitrah via laman website Sinergi Foundation dan/atau fitur WhatsApp. Saya sendiri melakukan konfirmasi via WhatsApp untuk respon cepat. Saya langsung mengirimkan bukti transfer jumlah donasi zakat fitrah sebesar Rp 135.100 untuk 3 orang dengan hitungan 9 kg beras seharga Rp 15.000 per kilogramnya.

dok: https://www.sinergifoundation.org/

Kelima, menunggu notifikasi penerimaan pembayaran dari pihak Sinergi Foundation. Alhamdulillah, tanpa menunggu waktu lama, notifikasi konfirmasi donasi zakat fitrah langsung saya terima. Hati saya tenang dan lega, karena satu kewajiban telah saya tunaikan yaitu memenuhi hak mereka yang membutuhkan. InsyaAllah amanah dan mendatangkan keberkahan untuk semua pihak, aamiin.

dok: pribadi

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa jumlah muslim terbesar di dunia ada di Indonesia. Hal ini sebagaimana dilansir oleh Globalreligiusfuture, bahwa proyeksi penduduk muslim Indonesia pada 2020 sebesar 229,62 juta jiwa. MasyaAllah! Bila dioptimalkan maka ini bisa menjadi potensi ladang amal untuk saling berbagi yang sangat luar biasa.

dok: https://databoks.katadata.co.id/

Artikel di laman Jejak Islam yang berjudul “Haluan Ekonomi Masyumi” (baca: disini) menyebutkan bahwa perintah zakat telah diatur dalam Islam. Sejatinya zakat memberikan makna tentang kebebasan individu yang dibatasi dengan tegas. Zakat mencerminkan tentang pembatasan hak milik dan penentuan cara penggunaannya. Karena sesungguhnya dalam harta seseorang, ada hak-hak orang lain.

Pun, dalam artikel bertajuk “Islam – Wujud ‘Sosialisme Religius’ yang sempurna di mata Tjokroaminoto” (baca: disini) dijelaskan bahwa zakat merupakan salah satu ajaran Islam tentang ekonomi gotong royong yang menjadi impian sosialisme. Hal ini semakin menegaskan bahwa zakat merupakan ibadah yang dijiwai oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Zakat menjadi bagian dari langkah konkrit social capital. Modal sosial ini tentu menjadi peluang dan potensi yang berharga bila terus dioptimalkan.

Ayo, berbagi Sekarang dan #SiapBeramal bersama Sinergi Foundation. Untuk program donasi dan layanan konsultasi zakat serta kalkulator zakat dari Sinergi Foundation silahkan klik disini.

Sumber:
Cat: tulisan diikutsertakan dalam Blog Competition – Ramadhan Siap Beramal oleh Sinergi Foundation

dok: https://www.sinergifoundation.org/

Komentar