Jumat, 08 September 2017

Danau Linow, Surga Tersembunyi di Tomohon

Euphoria terhadap perhelatan akbar rutin tahunan Tomohon International Flower Festival yaitu Festival Bunga Hias Internasional yang diadakan pada Agustus silam berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara masih sangat terasa sampai saat ini. Maskot tahun 2017 dinamakan Kristo yang diambil dari nama bunga khas Tomohon yaitu bunga Krisan. Festival Bunga Hias berskala internasional ini bertujuan mempromosikan daya tarik destinasi pariwisata di Sulawesi Utara khususnya Tomohon yang dikenal sebagai kota dan pusat industri bunga serta wisata alam yang menarik perhatian. Salah satu keindahan alamnya ialah Danau Linow, yang kemudian menjadi salah satu bagian dari “The 7 Wonders of Tomohon” karena danau ini memiliki keunikan tersendiri. Apakah keunikannya? Hmm, penasaran!


Butuh waktu tempuh kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari kota Manado untuk tiba di Danau Linow yang terletak di kota Tomohon. Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena air danaunya berwarna-warni dan dapat berubah warna sehingga dikenal pula sebagai “Danau 3 Warna”. Danau Linow lantas menjadi salah satu objek wisata yang menarik di Provinsi Sulawesi Utara. Arti kata Linow sendiri diduga berasal dari bahasa Minahasa yaitu “lilinowan” yang berarti tempat berkumpulnya air.

dok: pribadi

dok: pribadi
Saya teringat perjalanan bersama teman-teman pada 2009 silam. Memang telah 8 tahun berlalu tapi kenangannya masih membekas hingga kini. Ketika itu kami memutuskan untuk melakukan perjalanan dari kota Manado menuju Danau Linow yang terletak di kota Tomohon yang juga terkenal dengan sebutan kota seribu bunga. Kami melalui jalan yang menanjak dan berkelok, tapi tidak menyurutkan antusiasme keseruan liburan. Memasuki kawasan kota Tomohon yang notabene dikelilingi oleh panorama pegunungan dan perbukitan maka udara sejuk akan langsung terasa. Kami serentak membuka kaca jendela mobil dan membiarkan kesegarannya menerpa wajah.

dok: pribadi
Setibanya di lokasi, Danau Linow tampak begitu lengang. Ibarat menemukan surga tersembunyi, kami merasa bahagia menikmati pemandangannya tidak hanya seorang diri melainkan beramai-ramai. Lantas kami mulai beraksi untuk mengabadikan momen dengan: Berfoto! Haha. Kami berkeliling dan mencari spot terbaik untuk berfoto bersama. Suasana menjeang siang hari tersebut sangat menawan. Bahkan di beberapa tempat terdapat keramaian yang melakukan photo shoot prewed pernikahan. Danau Linow memang menyuguhkan panorama keindahan yang sangat elegan dan menenangkan! Fyi, Danau Linow mengandung kadar belerang tinggi dan perubahan warna yang ada disinyalir tergantung pada sudut pandang dan juga pencahayaan danau. 

dok: pribadi
Tak lupa pula kami memesan minuman sebagai pelepas dahaga dan makanan ringan untuk cemilan. Kue yang disajikan pun sangat khas karena merupakan penganan lokal, bagea namanya. Terbuat dari sagu dan tepat disantap bersama dengan minuman teh atau kopi. Laman detikTravel juga kerap mengulas tentang keindahan Danau Linow. Danau Linow disebut sebagai danau unik yang dapat berubah warna dan keindahannya sungguh luar biasa (baca: disini dan disini!)

Danau Linow menjadi satu dari sekian banyak keindahan alam di tanah air tercinta Indonesia. Berdasarkan data, Indonesia menempati posisi ke empat dengan kunjungan wisatawatan terbanyak yaitu sekitar 9,4 juta orang. Setidaknya hal ini cukup menegaskan dan mengukuhkan pengakuan bahwa Indonesia merupakan salah satu surga wisata di Asia Tenggara. Kedepan perhatian terhadap pariwisata tanah air perlu terus ditingkatkan.

dok: databoks.katadata.co.id
Mengingat juga Provinsi Sulawesi Utara dapat menjadi representasi perwakilan keindahan pariwisata di bagian timur Indonesia. Manado sebagai ibukota Provinsi Sulawesi Utara pun semakin mudah diakses diantaranya melalui jalur udara. Sebagaimana dilansir oleh laman Tiket.com yang memberikan kemudahan dan akses terhadap sektor pariwisata tanah air diantaranya dengan menyediakan tiket pesawat dengan harga yang terjangkau. 

dok: tiket.com
Laman Tiket.com menyediakan beragam pilihan maskapai dan moda transportasi. Tidak hanya pesawat, melainkan juga kereta api, sewa mobil dan penginapan berupa hotel. Bahkan Tiket.com memfasilitasi dan menyediakan informasi terkait agenda kegiatan berupa event dan/atau atraksi apa yang sedang atau akan dilaksanakan di suatu destinasi tempat tujuan wisata. Tentu saja hal ini memudahkan para pelancong yang ingin memperoleh pengalaman liburan yang berkesan. dan tak terlupakan.

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi laman Tiket.com sekarang juga. Lakukan pemesanan dari tempat tinggal Anda menuju Manado. Setibanya di Bandar Udara Sam Ratulangi, Anda akan dapat langsung melanjutkan perjalanan ke kota Tomohon dan menikmati panorama keindahan Danau Linow serta mencicipi kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Mari jo pasiar ka Manado!

Cat: Penulis terlahir dan dibesarkan di Manado, Provinsi Sulawesi utara. Baginya Manado memiliki pengaruh dan kenangan tersendiri. Kota ini mengajarkan banyak hal terutamanya tentang filosofi “Si Tou Timou Tumou Tou” yang dicetuskan oleh tokoh Sulawesi Utara, Sam Ratulangi yang artinya: Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lainnya

1 komentar:

  1. Keren Manado, ada paniki disana, dan paniki itu apa ya Mbak ? #kepo ^^

    BalasHapus