Informasi Geospasial Berbasis Digital: Integrasi dan Kolaborasi

Pada beberapa waktu yang lalu, saya dan Tim Praktisi dari Kementerian Perindustrian berkunjung ke Kota Industri Batam. Kunjungan kali ini dalam rangka mengerjakan project One Map Policy pemetaan kewilayahan kawasan Industri. Saya merasa beruntung karena berkesempatan menerapkan keilmuan Perencanaan Pembangunan Wilayah yang dimiliki. Berhubung saat ini saya juga tengah mengerjakan riset penelitian dengan menggunakan layanan informasi geospasial melalui pemodelan spasial tentang sebaran spasial kredit dan sektor keuangan berdasarkan indikator kewilayahan di Sulawesi yang terdiri dari masing-masing enam provinsi. Saya benar-benar merasa sangat terbantu dengan peranan informasi geospasial yang tersedia.

dok: olahan data pribadi
Apalagi hal ini semakin dipermudah oleh aplikasi mobile yang disediakan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) yaitu BIG Mobile Services. Aplikasi ini memberikan pelayanan katalog peta berbasis android. Selain itu katalog data ini memuat indeks Informasi Geospasial Dasar (IGD) berupa Peta Rupabumi (RBI), Peta Lingkungan Laut Nasional (LLN), dan Peta Lingkungan Pantai Indonesia (LPI). Layanan ini memberikan kemudahan akses peta menjadi lebih praktis karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.


Berbicara soal informasi geospasial maupun peta secara spesifik maka tentu berkaitan erat dengan akses internet. Penting untuk diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna internet melalui perangkat mobile yang terbesar di dunia. Berdasarkan data WeAreSocial.net, lebih dari 69 persen masyarakat Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Hal ini sejalan dengan penetrasi ponsel pintar (smartphone). 

dok: databoks.katadata.co.id
Tidak hanya menjadi yang terbesar, pengguna internet di Indonesia juga mengalami pertumbuhan tercepat di dunia. Berdasarkan data disebutkan bahwa Indonesia tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia. Riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek, untuk periode 2015-2020 menjelaskan bahwa proyeksi pertumbuhan rerata tahunan (CAGR) Indonesia adalah sebesar 19 persen. 

dok: databoks.katadata.co.id
Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan ole We Are Social dan Hootsuite pada tahun 2017, pengguna internet di Indonesia tumbuh sebesar 51 persen dalam kurun waktu satu tahun. Angka ini merupakan yang terbesar di dunia, bahkan jauh melebihi pertumbuhan rata-rata global yang hanya 10 persen. Tingginya pertumbuhan pengguna internet tersebut merupakan potensi yang baik untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia. 

dok: databoks.katadata.co.id
Kendati demikian, kecepatan internet belum tersebar secara merata di Indonesia. Bahkan ada sebagian wilayah yang belum terjangkau sinyal telekomunikasi maupun data. Jadi, dapat dikatakan bahwa masih terdapat kesenjangan kecepatan internet antar wilayah, terutama wilayah Jawa dengan luar Jawa. Terlebih lagi dengan wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Papua. Mengingat Jakarta merupakan daerah dengan kecepatan internet tercepat di Indonesia. 

dok: databoks.katadata.co.id
Bila dirinci lebih detail lagi, total pengguna aktif internet di Indonesia mencapai 132,7 juta. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dari jumlah tersebut sekitar 29,2 persen berusia antara 35 - 44 tahun. Hal ini mengisyaratkan bahwa usia produktif memegang kendali atas penggunaan akses internet. Di satu sisi penetrasi internet di Indonesia semakin meningkat, survei APJII menunjukkan bahwa 56 persen penduduk Indonesia telah merasakan internet. Angka ini diperkirakan akan terus bertumbuh seiring kemajuan teknologi dan kebutuhan akan internet dalam kehidupan sehari-hari. 

dok: databoks.katadata.co.id
Sedangkan berdasarkan perangkat, laptop tetap menjadi perangkat dengan konsumsi internet paling tinggi dibanding perangkat lainnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Cisco VNI menunjukkan bahwa penggunaan laptop dapat menghabiskan data internet 4,6 kali lebih besar dari smartphone. Lengkapnya fitur yang tersedia pada laptop dapat menunjang aktivitas sehari-hari yang banyak memakai koneksi internet. Selain laptop, perangkat lain yang menjadi pilihan untuk berselancar di dunia maya adalah tablet 4G dan Smartphone 4G. 

dok: databoks.katadata.co.id
Berkenaan dengan hal tersebut, ternyata travel menjadi sektor jasa yang paling banyak diiminati oleh para pengguna internet. Lebih dari 35 persen transaksi online di bidang jasa, diisi oleh jasa travel. Dengan penetrasi internet yang terus meningkat, banyak perusahaan bergerak dengan platform mobile dan salah satunya bisnis travel online. Berbagai startup perusahaan travel menawarkan kemudahan bagi setiap orang yang akan bepergian. Hal ini seakan menjadi peluang menarik yang sayang untuk dilewatkan bila terdapat penetrasi secara geospasial dalam mengakses layanan wisata. Masyarakat tentunya akan sangat terbantu bila sekiranya layanan wisata ditunjang oleh adanya akses informasi geospasial semisal berupa pemetaan kawasan wisata.

dok: databoks.katadata.co.id
Tidak dapat dipungkiri bahwa layanan peta digital berbasis komputer dan internet menjadi semakin diminati. Tentu hal ini menjadi PR besar untuk mengkolaborasikan teknologi informasi geospasial agar menjadi hal yang utama dalam pembangunan dan pemanfaatan informasi geospasial di tanah air. Kedepan, peningkatan wawasan teknologi informatika dan sistem informasi geografis menjadi wajib hukumnya. Upaya memanfaatkan informasi geopasial melalui layanan internet seakan menjadi gaya hidup yang mengikuti perkembangan zaman dan perubahan teknologi terutamanya di era digital seperti saat ini. Integrasi dan kolaborasi lantas menjadi kata kunci. Yuk, sukseskan #Geospasial untuk Kita! 

Referensi: 
Ket: tulisan diikutsertakan dalam blog #Geospasial untuk Kita oleh Badan Informasi Geospasial (BIG)

Komentar

  1. BIG itu keren ya sekarang..
    fiturnya udh mulai lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener endah udah terintegrasi based on spasial dan digital. Jadi lebih user friendly. Tks sudah mampir :)

      Hapus
  2. pinjaman! pinjaman!! pinjaman!!!
    Apakah Anda mencari perusahaan pinjaman swasta terkemuka dan terakreditasi yang memberikan pinjaman untuk kesempatan seumur hidup. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan cara yang sangat cepat dan mudah, pinjaman pribadi, pinjaman mobil, pinjaman hipotek, pinjaman mahasiswa, pinjaman usaha, pinjaman investasi, konsolidasi hutang dan banyak lagi. Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Jangan terlihat seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada perorangan dan perusahaan yang membutuhkan bantuan keuangan dengan tarif 2%. Tidak ada nomor jaminan sosial yang dibutuhkan dan tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan suportif dan kami akan dengan senang hati menawarkan pinjaman kepada Anda.
    Kemudian kirimkan email ke: (victoriaemmanuelloan@gmail.com) untuk mengajukan pinjaman

    BalasHapus

Posting Komentar